UPT KPP Ubah Sasaran Gerakkan Jum’at Bersih

IMG00064-20130829-2124WARTAKUTIM.COM |SANGATTA: Gerakkan Jum’at Bersih (GJB) yang telah berjalan selama beberapa bulan terakhir dan berhasil membawa perubahan akan kepedulian masyarakat pada kebersihan dan kesehatan kota akan mengalami perubahan format gerakkan. Jika sebelumnya kegiatan menyasar pada gerakkan bersih di jalan-jalan poros dan besar yang ada di Sangatta. Maka dalam perjalanan kegiatan selanjutnya pihak Unit Pengelola Teknis (UPT) Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman Kutim akan menyasar ke pemukiman penduduk. Sehingga warga jangan kaget apabila kemudian di lingkungan tempat tinggalnya dijadikan lokasi pelaksanaan GJB.

Hal ini ditegaskan oleh Kelapa UPT KPP Basuki Isnawan saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin (2/8) siang kemarin. Menurutnya format pelaksanaan GJB dalam semester kedua memang lebih menyasar pada kebersihan di pemukiman warga, sehingga jangan kaget jika pihaknya akan sering muncul pada setiap Jum’at pagi digang-gang dan sekitar area tempat tinggal. Selain itu dirinya menegaskan jika jumlah pendukung gerakkan ini akan bertambah besar, daripada sebelumnya. Karena format kegiatan GJB akan lebih gemuk, hal ini berkat keterlibatan berbagai pihak baik lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun pihak swasta.

“Kepada masyarakat Kutim, kami menginformasikan bahwa kegiatan Gerakkan Jum’at Besih akan mengalami perubahan sasaran program. Jika dulu fokus kegiatan pada kebersihan di sepanjang jalan-jalan utama dan poros, maka kegiatan semester kedua akan menyasar ke pemukiman penduduk. Selain itu keterlibatan banyak pihak yang terus mengalir pada setiap kegiatan, memunculkan banyak ide yang direalisasikan demi menyemarakkan GJB nantinya. Mulai dari membersihkan pemukiman penduduk hingga mengadakan makan dan minum bersama seluruh peserta, dengan mengolah masakkan secara langsung di lokasi. Ini tentu akan menyemarakkan suasana, sehingga masyarakat dapat merasakan suasana kekeluargaan dan kebersamaan di setiap GJB,” terang Basuki Isnawan.

Jum’at (30/8) lalu kegiatan dengan format baru dilaksanakan di Mujur Jaya, Kecamatan Sangatta Utara di lingkungan RT 27 dan diikuti oleh 200 orang lebih. Kepala UPT KPP menyebutkan keterlibatan banyak pihak membuat tujuan dari kegiatan ini dapat terealisasikan dengan baik. “Kami berterimakasih pada berbagai pihak seperti PT Kaltim Prima Coal, PKK Kecamatan Sangatta Utara, SMA 1 Sangatta Utara, Granat, Dinas Kesehatan, Badan Lingkungan Hidup, Bapemas, serta berbagai pihak lainnya. Dukungan banyak pihak membuat seluruh staf UPT KPP terus percaya diri untuk berpacu bersama waktu mewujudkan kota ini menjadi bersih dan sehat,” ucap Kepala UPT KPP.

Perlu diketahui untuk pelaksanaan GJB pada Jum’at ini, akan dilakukan di lingkungan RT 10 Gang Taruna Kecamatan Sangatta Utara. Sehingga bagi seluruh pihak yang hendak berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan, dapat langsung menuju lokasi pada tanggal 6 September 2013 nanti. Karena memang GJB merupakan gerakkan kebersihan yang bukan hanya dilakukan oleh pihak Pemkab Kutim semata, namun yang utama adalah melibatkan seluruh pihak baik itu swasta maupun juga masyarakat. (kmf3)