BKD Kutim Ramai Diserbu Ratusan Orang Pendaftar CPNS

wartakutimcom | SANGATTA ; Sejak Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) membuka pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) daerah tahun 2013 sejak 11 September lalu, Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) tidak pernah sepi. Setiap harinya BKD selalu dipadati pelamar formasi CPNS dari berbagai daerah. Ramainya masyarakat yang mendaftar semakin terlihat hingga Selasa (17/9) kemarin, saat media ini menyambangi Kantor BKD di Kawasan Pusat Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta.

“Hingga hari ini (kemarin) pelamar CPNS sudah mencapai ratusan. Diperkirakan menjelang berakhirnya pendaftaran jumlahnya akan terus meningkat. Saat ini belum terlalu banyak sebab rata-rata calon pendaftar baru mengetahui informasi penerimaan CPNS dari media massa, sehingga kemungkinan calon pelamar baru mengurus dan menyiapkan berkas yang diperlukan. Seperti surat keterangan kesehatan, surat keterangan catatan kriminal dan persyaratan lainnya,” jelas Kepala BKD HM Joni kemarin.

Dijelaskan oleh Joni, pihaknya memang dalam hal penerimaan pelamar CPNS formasi tahun 2013 ini semakin memperketat tahapan seleksi mulai dari verifikasi berkas lamaran. Pelamar harus mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan kladifikasi jabatan yang diperlukan. Berusia paling rendah 18 tahun dan tertinggi 35 tahun pada 29 September 2013. Para pelamar CPNS daerah tahun 2013 ini akan memperebutkan 213 formasi yang tersedia.

Rinciannya 117 untuk formasi guru, mulai SD hingga SMA dan SMK. Kemudian 74 formasi tenaga kesehatan dari dokter hingga perawat dan bidan serta tenaga medis lainnya, berikutnya 22 formasi untuk tenaga teknis seperti penyuluh, operator listrik, inspektur tambang hingga pengumpul data industri logam dan elektronika.

“Bagi pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi akan mendapatkan kartu atau tanda peserta ujian. Berhak mengikuti tes kompetensi dasar (TKD). Materi TKD untuk mengukur kecerdasan majemuk (multiple intelligences) disiapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) dan dari BKN (Badan Kepegawaian Nasional) yang terdiri dari tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensi umum (TIU) dan tes wawasan kebangsaan (TWK),” sebut Joni merincikan.
Menurut Kepala BKD, jika tidak terkendala dan sesuai jadwal maka TKD dan TKB akan dilaksanakan 3 November 2013 dengan tempat pelaksanaan tes yang akan diumumkan kemudian. Peserta diwajibkan membawa alat tulis berupa pensil 2B, penghapus dan lain-lain sesuai kebutuhan. Joni menambahkan, selama proses seleksi panitia tidak memungut biaya apapun kepada pelamar dan apabila masyarakat ingin mengetahui informasi mengenai seleksi penerimaan CPNS 2013, pelamar dipersilahkan mengunjungi website BKD Kutim yaitu www.bkdkutim.info melalui internet. Pendaftaran hingga pengembalian berkas pelamar dapat dilakukan selama hari dan jam kerja, Senin hingga Jumat, mulai 11 sampai 28 September 2013.

Untuk diketahui Pemkab Kutim melakukan seleksi penerimaan CPNS daerah tahun 2013 ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor R/041.F/M.PAN-RB/08/2013 tanggal 16 Agustus 2013 perihal persetujuan rincian alokasi formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) daerah untuk pelamar umum tahun 2013, dan Keputusah Bupati Kutai Timur (Kutim) Nomor 810/0979/BKD-Bang/IX/2013 tanggal 3 September 2013 tentang penetapan formasi CPNS daerah dari pelamar umum Pemkab Kutim tahun 2013. (kmf4/Ronal)