PDAM : Banyak PDAM Yang Belum Siap Mencapai MDGs

SANGATTA – PDAM Tirta Tuah Benua Kutim, dalam beberapa tahun terakhir  mendapat siraman pembangunan Instalasi Kota Kecamatan (IKK) dari Kementerian Pekerjaan Umum yang bertujuan mencapai target  Milenium Developmen Goals (MDGs) 2015 mendatang.

“Berdasarkan  evaluasi masih  banyak PDAM yang belum siap mencapai MDGs karenanya dibantu  pembangunan IKK termasuk di Kutim yang difokuskan  di Kecamatan Muara Ancalong, Bengalon serta dan beberapa kecamatan lainnya,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Tuah Benua Aji Mirni Mawarni seraya menyebutkan dana yang dikcurkan miliaran rupiah.

Selain IKK,  tahun depan PDAM Tirta Benua  akan mendapatkan bantuan  pemasangan meter induk di setiap cabang PDAM ini dikarenakan hampir sebagian besar IPA (Intalasi Pengolahan Air (IPA)  di kecamatan belum memiliki meter induk terutama  bangunan lama. “Ngga hanya sekedar IKK saja yang dibantu, namun beberapa hal lainnya juga akan dibantu seperti peremajaan beberapa pompa, pemasangan meter induk dan pembinaan SDM,” sebut wanita yang biasa disapa dengan Maewar ini.

Mawar mengakui dengan pemasangan meter induk  akan memudahkan PDAM dalam menghitung jumlah  air yang didistribusikan ke pelanggan  sehingga potensi kehilangan air   terpantau lebih akurat. “Selama ini memang pembacaan sudah dilakukan namun hasilnya kurang maksimal,” sebut Mawar.

Terkait IPA  yang belum beroperasi, Mawar menyebutkan di Sandaran dan Rantau Pulung, kendala yang dihadapi sedang dicari jalan keluarnya dan diharapkan segera dioperasikan. “Untuk IPA Rantau Pulung masih  dibenahi, karena baru diserahkan  akhir Oktober tadi, sedangkan  IPA Sandaran tinggal menunggu pembangunan Intake sehingga diharapkan  akhir tahun ini sudah beroperasi,” bebernya.(WK-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.