Dinas Perkebunan Pastikan Tidak Ada Pembakaran Di Areal Perkebunan Sawit

Ir.H. Akhmadi Baharuddin
akmadi
Kepala dinas Perkebunan Kutai Timur Akhamadi

Sangatta,WARTAKUTIM.COM – Polusi Kabut asap yang melanda diseluruh wilayah di Kota Sangatta yang terjadi Kemarin siang hingga sore hari, membuat banyak kelangan masyarakat di Kota Sangatta menduga pembakaran lahan dilakukan diperkebunan sawit yang ada di wilayah Kutim.

Namun, dugaan tersebut dibantah oleh Kepala dinas Perkebunan Kutai Timur Akhamadi. Pihaknnya memastikan Kabut asap yang terjadi kemarin bukan berasal dari perusahaan sawit yang hendak membuka areal perkebunan. (Baca : Kabut Asap Kepung Seluruh Wilayah Di Kota Sangatta)

“Kami yakin tidak ada perusahan yang membakar lahan, karena itu melanggar UU perkebunan,”ujar Akhmadi saat ditemui di Kantor DPRD Kutim usai menghadiri Rapat Paripurna, Kemarin. (Baca : Kabut Asap Di Sangatta DI Prediksi Akan Terjadi Hingga Beberapa Hari Kedepan)

Dikatakannya, sebelum terjadinnya kabut asap di Sangatta, pihaknya sering kali menyurati seluruh perusahaan Sawit di Kutim, agar tak melakukan proses pembakaran sama sekali untuk membuka lahan dan jika itu dilanggar pihaknya tak akan segan-segan memberikan sanksi kepada perusahaan bersangkutan

“Tidak dibenarkan kalau perusahaan membakar harus zero burning kalau dia membakar harus kena sanksi kalau pengawasannya kita mengawasi di edarannya saja kita memberikan dilarang membakar,” katanya.