oleh

Tidak Terima Gaji Selama 4 Bulan Cleaning Service Tuntut Keadilan

-Bontang-Dibaca : 631 Kali

Cleaning Service di Bontang ini tuntut keadilan

BONTANG,– Sekitar 40 orang pekerja cleaning service yang bertugas di lingkup kantor Pemerintah Kota Bontang, menuntut keadilan kepada PT Bumi Bangkirai Mandiri selaku perusahaan yang menaungi ratusan cleaning service di Pemkot Bontang.  Puluhan pekerja yang diketahui telah dirumahkan ini, melaporkan kepada Dinas Tenaga Kerja Kota Bontang, Selasa 2 Mei 2017.

Mereka mengaku,  tak mendapatkan haknya padahal telah menunaikan kewajiban dengan baik. Selain tidak digaji selama 4 bulan, tidak mendapatkan seragam, mereka juga mengaku hanya dibayarkan BPJS selama 2 bulan kerja.

Nasrawati, salah satu pekerja menyatakan bahwa  kesalahan lain yang telah dilakukan perusahaan terhadap puluhan cleaning service diantaranya, tidak diberikan seragam selama ikatan kerja berjalan, serta pembayaran Premi BPJS yang hanya berjalan dua bulan.

“Makanya kami menuntut hak kami untuk bisa dibayarkan perusahaan,” ujarnya.

Sementara Umbar yang juga merupakan cleaning service menambahkan bahwa terkait sistem rekrutmen ulang melalui tes tertulis dan wawancara pun hanya sebatas formalitas belaka. Mengingat beberapa cleaning service yang diketahui tidak mengikuti tes dan tidak bisa baca tulis, justru lolos untuk kembali bekerja.

“Kalau memang sudah tak dibutuhkan lagi, kami meminta sisa gaji dan pesangon dapat segera dibayarkan,” tambahnya.

Sementara, Direktur PT Bumi Bangkirai Mandiri Achmad Faisal, yang dikonfirmasi melalui via seluler, membantah tudingan yang dilayangkan puluhan mantan cleaning service tersebut. Menurutnya, perusahaan tidak pernah berupaya memberhentikan sepihak, hanya saja para pekerja tersebut dinilai tidak memenuhi kualifikasi dan kriteria yang dibutuhkan.

Dari 140 lebih pekerja saat ini, perusahaan hanya butuh 86 orang sesuai dengan tender yang dimenangkan. Sementara untuk tuntutan sisa gaji yang diminta para cleaning service, dikatakan Achmad Faisal, akan segera dibayarkan pada pekan ini.

“Semua mendapatkan perlakuan yang sama, tes juga ditambah dengan hasil evaluasi kinerja dari pekerja. Baik dari sisi kerajinan, kerapian, hingga tanggung jawab selama enam bulan bekerja. Minggu ini juga akan kita selesaikan seluruh pembayaran gaji yang diminta” tutupnya.#Aw/beritakaltim.co