Advetorial

Puluhan Tim Adu Dayung di Lomba Perahu Naga. Wabup: Bakal Jadi Event Tahunan

101
×

Puluhan Tim Adu Dayung di Lomba Perahu Naga. Wabup: Bakal Jadi Event Tahunan

Sebarkan artikel ini
puluhan tim ramaikan lomba perahu naga di polder sangatta. (hasyim humas)
puluhan tim ramaikan lomba perahu naga di polder sangatta. (hasyim humas)

WARTAKUTIM.co.id, SANGATTA– Lomba perahu naga kembali diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) guna memeriahkan hari jadi kabupaten yang ke 18 tahun.

Lomba perahu tradisional yang diikuti oleh puluhan tim dayung ini digelar di Polder Jalan Ilham Maulana Polder, Minggu (22/10). Pembukaan dihadiri sejumlah pejabat antara lain Danlanal Mulyan Budiarta, Kasdim 0909 Sangatta Mayor Inf Syawaluddin, Kadisbun Muhammad Alfian serta Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tirah Satriani. Selain itu juga ada dari PB Porprov Sarwono Hidayat  serta Kabag Ekonomi Ayub serta Sekertaris Dispora Joko.

Wakil Bupati Kasmidi Bulang menjelaskan berbagai event telah digelar Pemkab Kutim mulai Agustus-Oktober guna memeriahkan HUT Kutim. Termasuk lomba perahu nada dan balapan RC Buggy.

“Kegiatan (lomba-lomba) semacam ini akan diagendakan setiap tahun. Apakah itu Dragon Boat, RC Boat dan RC Buggy, karena areal (polder) ini merupakan salah satu ikon Kutim, untuk dipergunakan oleh masyarakat,” jelas Kasmidi Bulang.

Ia menambahkan, ajang tersebut juga merupakan wadah untuk bersilaturrahim. Sekaligus mencari bibit muda berprestasi yang akan dipersaiapkan mengikuti pekan olahraga provinsi (Porprov) Kalimantan Timur (Kaltim), serta selalu dipantau oleh PB Porprov Kaltim.

“Tentu peserta muda, memiliki teknik yang baik dan semangat pantang menyerah diharapkan,” kata Kasmidi.

Ketua Panitia Penyelenggara Adiluddin mengatakan perlombaan olahraga perahu naga dipusatkan di Polder di jalan Ilham Maulana. Menurut dia, peserta yang mengambil formulir pendaftaran mencapai 89 tim, namun yang kembali ke meja panitia hingga hari pelaksanaan hanya 34 tim.

“Terdiri dari 26 tim putra dan 8 tim untuk putri. Setiap tim terdiri dari 24 orang termasuk cadangan dan official serta manager,” sebutnya.

Peserta berasal dari Kecamatan Sangatta Utara, Teluk Pandan, Bengalon dan Kacamatan Sangatta Selatan. Bahkan ada yang dari luar kota seperti Bontang dan Kota Tenggarong. Ia menambahkan sesuai arahan Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengenai animo peserta yang cukup tinggi,  maka kategori B umum putra dibuka kembali dan peserta telah mendaftar ada 9 tim, selanjutnya kategori pelajar ada 6 tim.

“Kami rasa peserta lomba Dragon Boat akan terus berdatangan mengingat animo masyarakat, penonton, sporter dan peserta sangat tinggi,” katanya.

Untuk diketahui lomba perahu naga diikuti peserta kategori umum, palajar putra dan putri. Selanjutnya panitia juga menyiapkan uang pembinaan, piagam serta trophy. (hms8)