oleh

Baznas Salurkan Bantuan Puluhan Juta untuk UKM dan Pelajar

-Kaltim-Dibaca : 599 Kali

SANGATTA– Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutim menyalurkan bantuan terhadap para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan pelajar dari SD hingga SMA. Adapun mereka masing-masing mendapat bantuan Rp1,5 juta hingga Rp2,5 juta dengan jumlah penerima sekitar 30 pelaku UKM dan 15 pelajar, Selasa 24 April.

Penyerahan ini dilakukan di halaman kantor Baznas Kuyim, Jalan Karya Etam, disaksikan sejumlah pejabat lingkup Pemkab dan Kemenag Kutim.

Kepala Baznas Kutim, Harun Rasyid menyebutkan bantuan itu merupakan penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah untuk bantuan modal UKM dan biaya pendidikan dua kecamatan, yakni Sangatta Utara dan Selatan.

“Jadi totalnya Rp 90 juta diserahkan pada Program Kutim Sejahtera dan Kutim Cerdas kali ini,” jelasnya.

Menurutnya, selama ini banyak proposal yang masuk ke baznas. Namun penerimanya perlu di survey agar penyaluran tepat sasaran.

“Jangan sampai yang menerima tidak sesuai dengan kreteria yang ditetapkan. Penerima harus yang memang benar-benar membutuhkan,” harapnya.

Dijelaskan penerima bantuan merupakan hasil temuan di lapangan maupun dari beberapa orang yang memang mendaftar ke Baznas. Harun berharap, bantuan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, karena ini merupakan titipan yang harus digunakan mengembangkan usahanya.

“Utamanya bisa membantu para pelaku usaha lainnya. Sehingga pada akhirnya dapat menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) ke Baznas kembali,” katanya. (ADV/hms3)