Buaya Dikirim Ke Penangkaran Teritip Balikpapan
oleh

Wabup Apresiasi Inisiatif Warga Tangkap Buaya di Folder Ilham Maulana

-Berita-Dibaca : 822 Kali

WARTAKUTIM.CO.ID – Tindakkan warga yang melakukan penangkapan buaya di Folder Air Ilham Maulana, Sangatta Utara mendapatkan apresiasi luar biasa dari Wakil Bupati Kasmidi Bulang. Mengingat lokasi tersebut nantinya akan dipergunakan sebagai arena untuk Cabang Olahraga (Cabor), saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur yang berlangsung pada Desember 2018 mendatang.

Sebelumnya Hendra dan kawan-kawan menangkap buaya yang ada di Folder Air Ilham Maulana yang berdekatan dengan kawasan Pasar Induk Sangatta, pada beberapa waktu lalu. Insiatif ini timbul setelah mendengar Wabup Kasmidi Bulang akan memberikan apresiasi, pada warga yang menangkap buaya di lokasi tersebut.

“Memang seringkali kami melihat buaya, yang jumlahnya lebih dari dua ekor. Saat penangkapan dilakukan waktu sudah menunjukkan pukul 02.00 Wita, ditemani rekan-rekan yang ada dilokasi buaya akhirnya mampu digiring dan kemudian diikat dengan tali, untuk kemudian diangkat,” jelasnya.

Sehingga dengan belum tertangkapnya buaya lainnya yang ada dilokasi tersebut, Hendra meminta kepada warga yang melakukan aktivitas berolahraga, memancing, maupun aktifitas lainnya di sekitaran lokasi, untuk lebih berhati-hati. “Mengingat banyak warga Sangatta yang memanfaatkan lokasi ruang terbuka hijau tersebut, maka diharapkan kewaspadaanya. Karena dari pantauan yang ada, masih banyak buaya lain yang berkeliaran di folder air tersebut,” pungkas Hendra.

Wakil Bupati Kasmidi Bulang menyebutkan jika buaya hasil tangkapan warga pada beberapa waktu lalu, diserahkan langsung kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur. Rencananya buaya sepanjang 2 meter lebih tersebut, akan dibawa ke Penangkaran Buaya Teritip, yang berada di Jl. Mulawarman Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur.

“Kabar mengenai siapa saja warga yang berhasil menangkap buaya di Folder Air Ilham Maulana, akan saya beri penghargaan memang benar adanya. Semacam apresiasi atas turut-sertanya warga dalam menyukseskan pelaksanaan Porprov Kaltim di Kutim. Mengingat lokasi tersebut akan dijadikan arena untuk Cabor yang berkaitan dengan olah raga air,” terang Kasmidi Bulang.

Hingga saat ini, upaya untuk melakukan penangkapan buaya di Folder Air terus dilakukan. Baik dengan menggandeng pawang buaya, untuk membuat buaya di lokasi tersebut dapat keluar dari sarangnya, hingga mudah ditangkap. “Jelas selain mengamankan lokasi saat dipergunakan untuk Porprov Kaltim, juga untuk mengamankan warga Sangatta, dari bahaya terkaman hewan berdarah dingin tersebut,” terang Kasmidi lebih jauh. (Jun)

  • " data-pin-do="buttonPin" data-pin-config="beside">