oleh

Besok Bayar Pajak Massal, Akan Ciptakan Rekor MURI

-Ekonomi-Dibaca : 481 Kali

SANGATTA- Berbagai kiat coba ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk meningkatkan pendapatan potensi pajak. Salah satunya dengan menggelar kegiatan bayar pajak massal yang rencananya dilaksanakan, Rabu (10/10/2018) di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi Sangatta. Bayar pajak massal ini adalah satu agenda kegiatan berkaitan dengan hari jadi ke-19 Kutim.

Kepala Bapenda Musyaffa menjelaskan akan menyediakan puluhan loket pembayaran bagi wajib pajak yang akan menyetor pajaknya. Bayar pajak massal ini digelar sebagai kado istimewa di hari jadi Kutim ini. Bapenda menargetkan pajak yang bisa terhimpun sebesar Rp 200 miliar.

“Untuk memudahkan wajib pajak, kami (Bapenda) sudah menyiapkan banyak loket pembayaran pajak. Jadi biar nyaman dan tidak perlu lama menunggu. Estimasi target dipehitungkan dari berbagai jenis pajak,“ jelasnya.

Event ini bakal menjadi yang pertama dan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Musyaffa menambahkan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan efektivitas penyuluhan dan hubungan masyarakat demi meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak. Bapenda juga senantiasa memberikan kemudahan pelaporan, pembayaran dan kemudahan akses informasi perpajakan bagi wajib pajak.

Ada 11 jenis pajak kabupaten diantaranya pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan umum, pajak mineral bukan logam dan batuan, parker, pajak air tanah, sarang burung wallet, Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan serta pajak perolaehan ha katas tanah dan / atau bangunan.

Pajak provinsi ada 5 terdiri dari pajak kendaraan bermotor dan kendaraan di atas air, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak airpermukaan dan pajak rokok.

Sementara pajak pusat terdiri dari pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, penjualan atas barang mewah, bea materai dan pajak bumi dan bangunan sektor pertambangan, kehutanan dan perkebunan.(hms4)