oleh

Pemkab Kutim Siap Tampung Pengungsi Asal Palu

WARTAKUTIM.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, siap menampung korban gempa dan Tsunami Palu, Sigi dan Dongga. Bahkan pihak pemkab kutim akan menyediakan lahan untuk para korban yang mau tinggal di Kutim.

Hal ini diungkapkan bupati Kutai Timur Ismunandar saat ditemui awak media usai menggeler konfrensi pers terkait pajak massal di gedung Serba Guna (GSG) Sangatta, Rabu (10/10/2018) siang.

“Kami (pemkab Kutim) siap-lah menampung saudara saudara kita (korban) untuk tinggal di Kutim,”ungkap mantan sekkab Kutim ini.

Pria yang akrab disapa Ismu ini mengatakan, berdasarkan laporan dari PMI Kutim, sebanyak 37 pengungsi asal palu akan datang ke Kutim. Namunm sebelumnya korban pengungsi akan didata terlebih dahulu dengan ketat oleh PMI Kutim.

“ini saya akan amanahkan kepada PMI untuk pendataan pengungsi. Kita juga mau memastikan apakah itu benar benar pengungsi dari Palu. Pendataan itu berupa dokumen tempat tinggal mereka atau surat dokumen lainnya,”ujar Ismu.

Lebih lanjut Ia menambahkan, penampatan pengungsi di Kutim akan dilihat wilayah dan minat dari para pengungsi, pihaknya juga menyiapkan lahan dan kebutuhan lainnya seperti perumahan dan kebun untuk para pengungsi.

“Mereka bisa kita tempatkan di Kaubun, Bengalon, atau daerah lainnya. Namun, jika ada yang ingin di Sandaran bisa juga, apalagi Sandaran kan dekat dengan palu,”katanya

Dikatakannya, untuk penempatan pengungsi pihaknya akan berkoordinasi dengan dirjen ketenaga kerjaan Kementerian Tenaga Kerja. “nanti kita akan bicarakan dengan dirjen, dimanapun pengungsi mau menempati lokasi kami (pemkab) akan menyiapkan lahannya,”katanya

Baca Juga  Ismunandar: Kebijakan Pemkab Dalam Melindungi Warga Tidak Kurang Dilakukan