oleh

Profil Dan Biografi H. Irwan, SI.P., MP

-Berita Video, Profil-Dibaca : 749 Kali

Untuk lebih mengenal Irwan, tonton videonya dan jangan lupa Subsribe dan Bagikan yah

 

Irwan lahir di Sangkulirang Kutai Timur pada 30 April 1979. Ia adalah seorang akademisi dan Tokoh Pemuda di Kutim yang dikenal sangat aktif berorganisasi dan punya jiwa sosial yang tinggi.

Pemuda yang akrab disapa irwan Fecho ini sangat peduli dengan dunia pendidikan. Saat ini Irwan, sedang menyelesaikan studi akhir S3 Ilmu kehutanan di Universitas Mulawarman Samarinda (unmul). Ia juga merupakan lulusan terbaik (cumlaude) saat mengambil S2 ilmu kehutan Unmul. Dan lulusan terbaik ilmu pemerintahan Unmul.

Semasa Kecilnya, adik kandung dari anggota DRPD Kutim Agusriansyah ini, hijerah ke Sulawesi untuk menempu perndidikan sekolah dasar di SD Negeri 1 Palakka Barru, Sulawesi Selatan. Usai lulus sekolah dasar Ia kembali ke Sangkulirang untuk melanjutkankan pendidikan di SMP negeri 1 Sangkulirang. Tamat dari SMP, Ia kemudian melanjutkan pendidikan menengah atas di Sekolah Kehutan Menengah Atas (SKMA) Samarinda dan lulus pada tahun 1998.

Lulus dari SKMA, Irwan langsung diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan di tugaskan di BIPHUT Samarinda dari tahun 1998 hingga 2004. Ia pindah ke Sangatta pada akhir tahun 2004 dan bekerja di staf di Dinas Kehutanan Kutai Timur hingga tahun 2014.
Anak ketiga dari 5 bersaudara ini, pernah menjabat kasie Penatagunaan dan Perpetaan Dinas Kehutanan Kutim. Di tahun 2018 ia memutuskan untuk berhenti menjadi PNS (ASN). Keputusannya untuk berhenti dari PNS menjadi pertanyaan bagi keluarga dan rekan- rekannya.

Pria yang hobi baca buku ini, adalah salah satu pendiri organisasi Forum Peduli Karst Kutai Timur dan menjadikan ia menjadi Ketua di organisasi tersebut. Dengan organisasi yang ia pimpin itu, Ia memperkenalkan Karst Sangkulirang mangkaliat di masyarakat luas. Berkat kerja kerasnya dalam memperkenalkan wisata alam tersebut, Karst Sangkulirang di kenal indonesia hingga mancanegara. Ia banyak di undang menjadi narasumber terkait dengan Karst Sangkulirang-Mangkaliat

Selain itu, Irwan juga salah satu pendiri organisasi Gerakan 20 Mei Kutai Timur yang didirikan pada tahun 2014 dan memimpin organisasi tersebut sejak tahun 2018 hingga saat ini. Ia juga aktif dibeberapa organisasi kemasyarakat pemuda, menjadi wakil ketua bidang lingkungan hidup DPD KNPI Kutim priode 2017-2019, Ketua IKA SKMA Kalimantan Timur, Dan ketua Ketua Cabang Kutim, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI).

Irwan juga dikenal aktif di bidang olahraga, dan meraih beberapa prestasi di bidang olahraga. Sebelumnya, Irwan pernah menjadi Manager Persikutim pada tahun 2014-2015, dan membawa klub kebanggan Kutim ini melangkah menuju ke babak 16 besar liga devisi II Indonesia. Usai memimpin Persikutim, Ia mendirikan Klub Sepak Bola Tho Lere FC dan berubah nama menjadi Sangkulirang FC, Klubnya juga pernah mencicipi liga III indonesia dan mampu lolos hingga babak semifinal zona Kalimantan Timur.

Selain di Sepak bola, Ayah tiga anak ini, berhasil membawa tim arung jerang Kutim meraih 4 emas pada ajang Porprov VI Kaltim 2018 serta mengikuti Arung jeram tingkat internasional.

Pemuda asal Sangkulirang ini, namanya, mulai dikenal masyarakat kaltim, saat ia memperjuangkan pemotongan anggaran yang di lakukan pemerintah pusat ke pemerintah daerahnya khususnya Kaltim yang merupakan penghasil penerimaan negara terbesar di Indonesia. Ia berani menggugat pemerintah pusat melalui Mahkama Konstitusi (MK). Tidak sedikit dana yang dikeluarkan untuk menggugat ke MK,.Ia harus mengocek dana dari kantong pribadinya. Karena perjuangan itu di lakukankannya sendiri tanpa campur tangan dari pemerintah daerah.

News Feed