Berita PilihanWonderful Kutim

Rembuk Budaya Rangkul Komunitas dan Seniman

81
×

Rembuk Budaya Rangkul Komunitas dan Seniman

Sebarkan artikel ini

SANGATTA – Dinas Kebudayaan Kutim mengadakan kegiatan Rembuk Budaya pada Jum’at lalu, dengan menggandeng komunitas dan seniman yang ada di Kutai Timur. Kegiatan berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Sangatta Utara tersebut, diharapkan dapat menangkap usulan-usulan maupun saran dari para pelaku budaya di Kutim.

Pelaku budaya yang dimaksud disini adalah, pelaku seni, profesi seni, serta unsur-unsur terkait lainnya. Sehingga Rembuk Budaya dapat memberikan perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, serta pembinaan sebagaimana yang ada dalam 10 objek kebudayaan di daerah.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Nurullah, menyebutkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk menghasilkan konsep-konsep, saran dan masukan dari pelaku budaya di daerah ini. Agar dapat menjadi dasar-dasar dari Dinas Kebudayaan, dalam menggerakan program di tahun 2020 mendatang.

“Ini penting dalam menyusun program, untuk kemajuan kebudayaan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017. Sebenarnya ada empat target yang kita upayakan, yakni memberikan perlindungan, pengembangan, kebermanfaatan, itu yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan,” terangnya.

Diterangkan lebih jauh oleh Nurullah, hasil dari Rembuk Budaya akan disusun lebih jauh menjadi rencana kerja dan dituangkan pada rencana pengusulan anggaran di tahun 2020 mendatang oleh pihaknya. (Arso)