Berita PilihanKaltimRagam

KPD Trigger Jadikan Pemuda Pelopor Pembangunan Desa

108
×

KPD Trigger Jadikan Pemuda Pelopor Pembangunan Desa

Sebarkan artikel ini
Ketua DPD KNPI Kutim Munir Perdana

SANGATTA – Pembukaan Kelas Pemuda Desa II 2019, berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Rantau Pulung pada Jum’at (6/12) pagi tadi. Kegiatan tersebut dibuka Ketua DPD KNPI Kutim Munir Perdana, yang juga dihadiri Camat Rantau Pulung yakni Mulyono, selain itu hadir pula perwakilan pemuda-pemudi yang menjadi peserta Kelas Pemuda Desa dari 9 desa di kecamatan tersebut.

Munir Perdana meyakani benar jika momentum kegiatan ini untuk mempersiakan pemuda dalam menyambut bonus demografi yang sedang terjadi di Indonesia, khususnya Kutai Timur. Dengan kata lain, pemuda diharuskan berdaya dan dapat menjadi modal utama pembangunan.

“Kelas pemuda desa juga menjadi trigger dalam upaya menjadikan mereka pelopor pembangunan desa. Yang juga menjadi mitra pemerintah desa, serta dapat menimbulkan keprcayaan diri untuk turut-serta berkontribusi dalam kehidupan masyarakat secara luas. Program ini kedepannya akan diperluas ke 17 kecamatan lainnya, dimana harapannya,” tegasnya dihadapan para peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Rantau Pulung Mulyono menyebutkan kegiatan KPD II yang digelar DPD KNPI Kutim merupakan program yang baik, terutama untuk Kecamatan. Karena hal ini juga merupakan sebagai ruang belajar bagi peningkatan SDM, khususnya pemuda-pemudi desa.

“Kita saat dihubungi panitia KPD II 2019, langsung menginstruksikan pada seluruh Kades yang ada. Agar melibatkan pemuda-pemudi perwakilan desa mengikuti kegiatan ini. Harapannya saat ada Musrembangdes, maka keterlibatan pemuda-pemudi bisa dilakukan, terlebih untuk para peserta yang mengikuti KPD II. Kegiatan ini merupakan langkah awal membangkitkan keikutsertaan pemuda-pemudi dalam membangun desanya secara aktif,” ungkapnya. (Arso)