Berita PilihanKaltimKecamatanRagam

Sukses Gelar KPD, DPD KNPI Jadikan Program Prioritas

92
×

Sukses Gelar KPD, DPD KNPI Jadikan Program Prioritas

Sebarkan artikel ini

SANGATTA – Sejak awal terbentuknya hingga sekarang, Indonesia perlu diperkuat dan dimajukan sebagai sebuah bangsa besar. Hal ini memerlukan tekad dan daya juang pemuda-pemudi, sebagai bahan bakar utama untuk melanjutkan perjalanan bangsa kedepannya. Dewan Pimpinan Daerah KNPI Kutai Timur menyadari benar perihal ini, bagaimana turut-serta mengisi perjalanan bangsa tidak saja dilakukan oleh pemuda yang berada di kota namun juga oleh pemuda di desa-desa.

Untuk itulah Kelas Pemuda Desa (KPD) II Tahun 2019 yang digelar DPD KNPI Kutim pada beberapa waktu lalu di Kecamatan Rantau Pulung. Akan terus diupayakan menjadi program prioritas dalam menjembatani keterlibatan pemuda-pemudi dengan pihak desa, melalui materi-materi pelatihan yang berkaitan erat dengan program pembangunan di pedesaan.

Ketua DPD KNPI Kutim Munir Perdana didampingi Koordinator Project KPD II 2019 yakni Alex Bajo menyebutkan, kedepan pihaknya akan memberikan pengertian mendalam pada pihak desa. Terkait pentingnya saling bahu-membahu dalam menggarap pembangunan desa bersama pemuda-pemudi.

 

“Keluaran Kelas Pemuda Desa ini ditujukan untuk membantu perangkat-perangkat desa hingga Kepala Desa dalam menggarap pembangunan desa, melalui semangat memajukan desa dalam arti luas. Kedepannya komunikasi terus akan dibangun DPD KNPI pada tiap-tiap Kades di Kutim, agar mereka memahami maksud dan tujuannya diadakannya KPD di Kecamatan,” tegas Koordinator Project KPD.

Alex menyambung apa yang disampaikan oleh Ketua DPD KNPI Kutim, jika KPD merupakan trigger dalam upaya menjadikan mereka pelopor pembangunan desa. Yang juga menjadi mitra pemerintah desa, serta dapat menimbulkan kepercayaan diri untuk turut-serta berkontribusi dalam kehidupan masyarakat secara luas.

Dirinya menyebutkan bahwa pelaksanaan KPD II Tahun 2019 dapat dikatakan sukses. Terlebih kerja dilapangan dilakukan oleh tim kecil, yang menghadapi tantangan luar biasa. Selain itu baik pemateri maupun materi-materi lainnya yang menunjang KPD, pada pelaksanaan selanjutnya akan lebih diperkuat. Termasuk pula dalam menjalinkomunikasi panitia dengan pihak desa, sehingga semangat yang diusung oleh DPD KNPI Kutim dapat berjalan sesuai instruksi. 

“Saya yakin tim yang ada kedepannya tetap dipertahankan, dimana kemampuan mereka terus berkembang luar biasa diluar ekspektasi semua pihak. Terimakasih untuk pihak kecamatan dan desa, begitupun untuk para peserta. Untuk panitia KPD II Tahun 2019, tetap bersiaga akan ada tugas besar lagi ditahun depan,” ungkap Alex penuh semangat. (Arso)