oleh

Mahasiswa-Mahasiswi Pelopori Pendirian Taman Baca di Batu Ampar

-Berita Pilihan, Kecamatan-Dibaca : 453 Kali

BATU AMPAR – Insiatif dilakukan mahasiswa-mahasiswi asal kecamatan Batu Ampar, Kutai Timur untuk membudayakan literasi bagi anak-anak dan siswa-siswi sekolah, dengan mempelopori pembangunan taman baca bersama-sama dengan masyarakat desa Timbau Ulu.

Ketua Himpunan Mahasiswa Batu Ampar Adol Kusuma menyebutkan bahwa sudah menjadi kebutuhan untuk anak-anak di desa Timbau Ulu, agar ada sebuah wadah berupa taman baca dengan ratusan buku-buku bacaan yang dapat dipergunakan anak-anak desa mengisi waktu luang mereka usai sekolah atau di akhir pekan.

“Alhamdulilah pendiriannya juga didukung oleh masyrakat desa setempat, dimana dilakukan secara bergotong-royong. Apalagi kehadiran taman baca ini menjawab keresahan orang tua pada anak, yang saat ini lebih banyak bermain dengan handphone daripada membaca untuk menambah pengetahuan mereka,” jelasnya.

Ternyata hal ini didukung pula oleh Himpunan Siswa-Siswi Batu Ampar, seperti yang diungkapan Novi Aini. Giat yang dilakukan dua organisasi ini, juga menjadi langkah awal untuk menjadikan literasi sebagai budaya anak-anak muda. Selain itu yang terpenting ialah untuk mengurangi tingkat kenakalan remaja yang pada saat ini, dianggap menghkawatirkan orang tua dan masyarakat.

“Ini merupakan yang pertama di Batu Ampar, selain itu langkah yang diambil untuk mendirikan taman baca adalah untuk menekan kenakalan remaja, pergaulan bebas, hingga membudayakan literasi dalam pola hidup anak-anak di desa,” tegasnya. (Dwi)

  • " data-pin-do="buttonPin" data-pin-config="beside">