oleh

UPT Puskesmas Batu Ampar Gelar “Etam Sebar” Untuk Warga dan Siswa-Siswi

-Berita Pilihan, Kecamatan-Dibaca : 368 Kali

BATU AMPAR – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Batu Ampar menggelar kegiatan Etam Sebar alias Etam Sehat Batu Ampar, pada Minggu (1/3/2020) pagi tadi. Kegiatan yang diikuti Sekretaris Camat Batu Ampar Salasiah, Sekdes Batu Timbau Ulu Djufri Achmad, serta Julaiha Aluman, S.Km koordinator Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di UPT Puskesmas, selain itu nampak warga dan ratusan murid Sekolah Dasar (SD) begitu semangat mengikuti kegiatan tersebut.

Germas sendiri merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarkaat budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Hal ini tentu tidak saja menjadi milik warga Kutim yang berada di Ibukota Kabupaten, namun juga menjadi milik dari warga kecamatan seperti halnya yang terjadi di Batu Ampar.

Sekdes Batu Timbau Ulu Djufri Achmad menerangkan kami dari pihak desa tentu mensupport apa-apa saja kegiatan yang baik untuk warga dan masyarakat, baik itu tentang kesehatan hingga pendidikan di desa ini. 

“Kami menyambut baik kegiatan seperti ini, terlebih pihak UPT Puskesmas Batu Ampar juga memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat desa. Tentu sebelumnya dilangsungkan pula senam sehat yang dilakukan bersama-sama,” terangnya.

Adapun Zulaiha Aluman, SKM yang merupakan Koordinator Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di UPT Puskesmas Batu Ampar menyebutkan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mengenai arti hidup sehat, terutama untuk anak-anak sekolah. Mengingat tidak mudah untuk memberikan pemahaman pada mereka, di era gadget atau digitalisasi seperti masa sekarang.

“Tentu tidak saja kesadaran mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS, red), namun kegemaran masyarakat akan pentingnya berolahraga juga amat penting. Tentu tidak untuk desa Batu Timbau saja, tetapi juga untuk desa-desa di Batu Ampar lainnya,” jelasnya sembari tersenyum.

Sementara itu Sekretaris Camat Batu Ampar Salasiah ketika diwawancarai berharap, kegiatan Germas dapat berjalan minimal satu bulan sekali, sehingga menjadi kegiatan rutin yang tidak saja diikuti oleh siswa-siswi sekolah dasar namun juga warga-warga desa. Apalagi kegiatan ini juga dapat diselingi dengan pemberian informasi hidup sehat.

“Semisal kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya, itu yang kita harapkan muncul dari masyarakat melalui kegiatan Germas di Batu Ampar, khususnya desa Batu Timbau Ulu. Terkait pelayanan kesehatan yang didapatkan masyarakat sudah lumayan baik, seperti adanya Posyandu dan Posbindu dengan waktu berkala sebulan sekali,” ungkapnya. (Dwi)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0