oleh

Tiga Perusahaan Besar akan Berinvestasi di Kutim

-Berita-Dibaca : 7.610 Kali

WARTAKUTIM.CO.ID, SANGATTA – Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang, Pemkab Kutim menyambut baik rencana tiga perusahaan besar yang berinvestasi di Kutim.

Tiga perusahaan tersebut adalah PT Bakrie Capital Indonesia (BCI), PT Ithaca Resources, dan Air Products akan berkolaborasi membangun pabrik metanol di Batuta Industrial Chemical Park. Ketiga perusahaan tersebut akan berkolaborasi membangun pabrik metanol di Batuta Industrial Chemical Park, Kecamatan Bengalon.

Menurut pria yang akrab di KB ini, ini merupakan industri hilir batu bara pertama di bumi Kalimantan dan rencananya akan beroperasi pada tahun 2020.

Pemerintah daerah dan pemerintah pusat serta perusahaan telah menandatangani kontrak. Dalam kontrak jangka panjang tersebut perusahaan PT BCI dan PT Ithaca Resources akan memasok bahan baku berupa batu bara dan telah berkomitmen mengambil alih produksi metanol untuk dipasarkan di Indonesia.

“Ini peluang besar untuk daerah kita, Kutim akan semakin dikenal dan juga kita akan memastikan bahwa tenaga lokal harus menjadi prioritas,” ujarnya saat diwawancara beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ia menambahakan, peluang ini tentunya sangat menguntungkan masyarakat Kutim, Karena perusahaan tersebut membuka lapangan kerja. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya berharap kedepannya perusahaan mengutamakan tenaga local yang ada di Kutim.

“Bahan baku metanol sangat dibutuhkan dalam industri tekstil, plastik, resin sintetis, farmasi, insektisida, dan plywood. Metanol juga berperan sebagai antifreeze dan inhibitor dalam kegiatan migas,” paparnya.

Membahas tentang ancaman dari dampak lingkungan, Kasmidi menegaskan ketika investor akan masuk ke wilayah tentu sudah mengkaji dampaknya.

“Dampaknya tidak terlalu berbahaya menurut saya, karena ini bukan ancaman melainkan peluang dan keuntungan bagi Kutim, mereka pun tentu sudah mengkaji hal ini,” tandasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartakutim.co.id. ketiga perusahaan yang akan berinvestasi di Kutim akan menginvestasikan kurang lebih Rp20triliun

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

DOWNLOAD APLIKASI ANDROID WARTA KUTIM