oleh

Ketua LSM Pekutim Akan Laporkan Pungli Yang dilakukan Oknum Pihak Sekolah di Sangatta

-Berita Pilihan-Dibaca : 3.037 Kali

WARTAKUTIM.CO.ID, SANGATTA – Ketua LSM Pemuda Kutai Timur (Pekutim) Alim Bahri menilai dinas Pendidikan Kutai Timur tidak tegas dan tidak merespon kesepakatan yang telah di sepakati saat rapat dengar pendapat dengan DPRD Kutim bersama pemerhati pendidikan Kutim terkait dengan laporan pungutan liar (pungli) di sekolah yang dilaporkan oleh orang tua murid.

Alim Bahri mengatakan, Kepala dinas harus bertindak tegas dalam menindak pungli yang terjadi di sekolah. Apalagi saat ini masyarakat sedang mengalami kesulitan ekonomi di tengah pandemic Covid 19 yang melanda dunia saat ini.

“Pada Mei 2020 lalu kami melakukan Hearing dengan DPRD Kutim dan orang tua murid bersama Kepala dinas pendidikan Kutim. Kita sudah sepakat dan dituangkan dalam Notulen rapat, Kalau segala bentuk Pungli di sekolah ditiadakan. Namun kenyataan, kami masih menerima laporan dari beberapa orang tua murid kalau masih ada pungli di sekolah,”ungkap alim saat ditemui wartakutim.co.id.

Pihaknya meminta dinas pendidikan Kutim bertindak tegas terhadap oknum kepala sekolah yang diduga melakukan tindakan pungli di lapangan.”sejak selesai di hearing tersebut dinas pendidikan harusnya bisa menindak tegas oknum kepala sekolah dan guru yang membebankan segala pembayara atau pungli di sekolah”pintanya.

Menurut Alim, berdasarkan Permendibud No.75 tahun 2016 tentang komite sekolah dan NO.44 tahun 2012 tentang pungutan dan sumbangan biaya pendidikan sekolah dilarang melakukan segala pungutan kepada siswa.

“Sekarang mana tindak lanjutnya dari hasil rapat dengan DPRD Kutim. Masih ada laporan yang kami terima dari orang tua murid. Kalau Kadis (pendidikan) bertindak tegas, tentu tidak akan terjadi pungli di sekolah,”ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, jika tidak ada ketegas dari dinas pendidikan Kutim terkait dengan permasalahan tersebut. Pihaknya akan melaporkan Pungli yang dilakukan oleh pihak sekolah ke Tim Saber Pungli Polres Kutai Timur.

“Kami serius menindak lanjuti Hal ini. Melaporkan oknum kepala sekolah dan oknum guru yang melakukan pungli di sekolah. Dan saya juga sudah konsultasi dengan pengacara muda Kutim (Lukas Himuq) terkait masalah ini. Mereka siap membantu permasalah ini. Kemungkinan besok kami akan ke Polres Kutim untuk  melaporkan terkait dengan pungli ini,”Pangkas Alim (Wal)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

DOWNLOAD APLIKASI ANDROID WARTA KUTIM