oleh

Akhirnya Bisa Bernapas Lega, Gaji 13 ASN Kutim Cair

-Berita-Dibaca : 902 Kali

SANGATTA- Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), bisa sedikit bernafas lega dan sumringah. Pasalnya ditengah-tengah pandemi Covid 19, gaji ke 13 yang dinanti-nanti akhirnya cair, Jumat (14/8/2020) kemarin.

“Alhamdulillah, informasi ini memang tepat. Sebelumnya Pemda Kutim telah menginformasikan bahwa gaji ke-13 bakal cair sekarang. Saya mendapatkan notifikasi dari SMS banking bahwa ada tambahan saldo masuk rekening,” tutur Rusman, seorang ASN di Sangatta, saat dikonfirmasi soal gaji ke 13 dan insentif, Sabtu (15/8/2020).

Rusman mengatakan gaji yang diterimanya sangat bermanfaat bagi PNS sepertinya. Pasalnya, informasi sebelumnya menyatakan bahwa ada wacana gaji 13 berpotensi tidak dicairkan pemeritah.

Akan tetapi, pemerintah merevisi ulang dengan tetap mencairkan gaji ke-13. Dana tersebut dinilai sangat bermanfaat seperti masa pandemi Covid-19 yang sangat berdampak terhadap sektor daya beli.

“Saya bisa memanfaatkan dana ini untuk kebutuhan anak sekolah, yakni pembelian seragam baru guna mempersiapkan saat KBM dibuka tatap muka. Terlebih masa Covid-19 ini para ASN tidak mendapatkan bantuan sosial seperti pada masyarakat lainnya. Sehingga ini sangat bermanfaat bagi saya,” tuturnya.

Plt. Bupati Kutim Kasmidi Bulang (Kiri) Bersama Sekda Kutim Irawansyah (Kanan)

Sementara Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengatakan dengan turunnya gaji ke-13, pihaknya mengarahkan agar ASN dapat memenuhi kebutuhan sekolah di saat memasuki tahun ajaran baru secara tatap muka.

Hal itu bertujuan, menambah daya beli masyarakat yang di saat pandemi ini semakin menurun.

Kasmidi menyebutkan cairnya gaji ke 13 untuk seluruh ASN merupakan komitmen sejak ditunjuk menjadi Plt.

“Ini sesuai komitmen saat menerima tugas sebagai Pelaksana Tugas Bupati Kutai Timur, adalah membayarkan kewajiban Pemkab Kutim yang tertunggak secara bertahap. Terutama gaji para TK2D dan insentif pegawai,” katanya.

Kasmidi menyebutkan selama uangnya ada di kas daerah, tentu kita langsung bayarkan. Terutama yang sudah tercatat sebagai prioritas.

“Satu per satu kita selesaikan, kalau sudah ada dana di kas sebaiknya segera dibayarkan sesuai prioritas,”  tuturnya.

Kasmidi meminta dan mengimbau kepada ASN agar gaji ke-13 tersebut benar-benar dimanfaatkan sesuai kebutuhan untuk kepentingan keluarga, untuk anak-anak mengikuti pelajaran sekolah.

“Jadi, gunakan sesuai kebutuhan sehingga benar-benar bermanfaat di masa pendemi Covid 19 ini,” pungkasnya. (Bian)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

DOWNLOAD APLIKASI ANDROID WARTA KUTIM