oleh

Razia Masker Di Sangatta, Ratusan Pengendara Kena Hukuman

-Berita-Dibaca : 768 Kali

WARTAKUTIM.CO.ID, SANGATTA- Tim Gabungan terdiri dari Polres Kutim, Kodim 0909/Sangatta, Satpol-PP, Dinas Kesehatan, dan BPBD Kutim menggelar penegakan disiplin protokol kesehatan dan penerapan Perbup Nomor 28 tahun 2020 di wilayah Kecamatan Sangatta Utara dengan mengambil posisi 3 titik yakni di Bundaran Patung Burung, Bundaran Patung Singa dan Simpang Tiga Pendidikan, Jumat (2/10/2020) pagi.

Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo mengatakan penegakan disiplin protokol kesehatan dan penerapan Perbup Nomor 28 tahun 2020 ini guna mencegah penyebaran virus corona.

AKBP Indras menyebutkan kalau diakumulasikan ada sekitar 180 pengendara yang diberhentikan, seperti di Patung Singa ada sekitar 80 pengendara yang terjaring razia masker, di Simpang Tiga Pendidikan ada sekitar 100 pengendara, memang saat dilakukan razia masyarakat banyak yang membawa masker. Tapi tidak dipakai. Ada yang diletakkan dibawah dagu. Ada juga yang dimasukkan ke dalam kantong.

“Sampai saat ini masih dilakukan sanksi peringatan tertulis dan diperingatkan untuk selalu menggunakan masker. Serta tadi masih dibagikan masker yang tidak punya tapi apabila warga yang terjaring untuk kedua kalinya akan diberikan sanksi kerja sosial, dan pemberlakuan sanksi harus memberikan masker sesuai perbup yang ada,” terang Indras.

Ia berharap masyarakat sadar. Kalau senjata yang paling ampuh untuk virus masih belum ditemukan. Cara alternatif untuk memutus rantai penyebaran virus ini hanya menaati protokol kesehatan. Terutama saat melakukan aktivitas di luar rumah.

“Karena dengan kita patuh mengikuti protokol kesehatan, yang diantaranya menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menghindari kerumunan kita dapat mengurangi resiko terpapar dari virus Corona. Juga dapat memutus mata rantai penularan,” terangnya.

Indras menambahkan, selain himbauan, ada juga efek jerah yang diberikan kepada masyarakat yang tidak menaati protokol kesehatan. Salah satunya membersihkan lingkungan sekitar.

“Hari ini kita melakukan langkah kongkrit, untuk yang tidak menggunakan masker kita berhentikan. Kita juga berikan efek jera dengan berjemur di jalanan biar malu dan tak menyepelekan penggunaan masker. Kemudian kita berikan masker,” ungkapnya.

Indras tak lupa mengimbau agar masyarakat mengikuti protokol kesehatan Covid-19 guna mencegah penyebaran virus corona.

“Mari ikuti protokol kesehatan seperti memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, serta menjaga jarak,” pungkasnya. (Bian)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0