oleh

Proses Pengangkatan Kepala Daerah Kutim Menunggu Keputusan MK

-Berita Pilihan-Dibaca : 1.834 Kali

SAMARINDA – Proses pengangkatan kepala daerah (bupati dan wakil bupati,red) Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kutai Timur (Kutim) serta Balikpapan, dijelaskan menunggu keputusan Majelis Konstitusi (MK) karena saat ini sedang berlangsung.

Penjelasan ini, terang Kepala Biro Humas Setda Kaltim HM Syafranuddin untuk meluruskan.

“Saat ini ada tiga daerah yang sedang berperkara di MK yakni Balikpapan, Kukar dan Kutim sedangkan daerah lain tidak sehingga prosesnya berbeda,” kata HM Syafranuddin yang akrab disapa Ivan,, Selasa (2/2/2021).

Khusus Kukar dan Kutim jika sampai tanggal 17 Februari 2021 belum ada putusan MK, ditambah belum ada usulan DPRD dan Pemkab, maka Pemprov Kaltim akan mengusulkan untuk pemberhentian pejabat lama.

“Hari ini, rapat pleno DPRD Kukar dan Kutim hanya memproses untuk pengusulan pemberhentian pejabat lama sesuai UU Pemda, sedangkan usulan pengangkatan kepala daerah baru dilakukan setelah pengumuman KPU yang ditindaklanjuti rapat paripurna DPRD,” bebernya.

Sebelumnya diberitakan, Kutai Timur dan Kutai Kartanegara belum menyampaikan usulan terkait pemberhatian dan pengangkatan kepala daerah.

Sementara Mahakam Hulu, Kutai Barat, Samarinda, Paser, dan Bontang sudah menyampaikan hasil rapat paripurna DPRD, sedangkan Balikpapan belum ada kabar hingga informasi ini diterbitkan.(jay/yans/humasprovkaltim)

Foto : Dok. Humas Www.kaltimprov.go.id

Share and Enjoy !

0Shares
0 0