oleh

Ketua DPRD Pastikan BPJS Ketenaga Kerjaan Untuk TK2D Berjalan Mulai April 2021

-Berita Pilihan-Dibaca : 397 Kali

SANGATTA. Ketua DPRD Kutim Joni S.Sos. mengatakan, bulan April  BPJS ketenagakerjan bagi  7000 tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D), sudah bisa jalan. Sebab, dari pertemuannya dengan pihak BPJS, diakui dana  BPJS itu kan masuk bulan April, meskipun belum ada MOU.

“ Saya sudah bertemu dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan. Mereka mengatakan rencananya bulan April ini mulai jalan. Memang saat ini belum ada MoU atau perjanjian,tetapi anggaran sudah masuk dalam platform APBD murni tahun 2021 tentang program ini,”Jelas Joni, belum lama ini di Sangatta.

Dikatakan, program ini memang disetujui DPRD dan Pemkab Kutim sejak pembahasan anggaran. Bahkan dirinya sendiri sudah dua kali melakukan koordinasi terhadap BPJS Ketenagkerjaan Cabang Bontang – Kutim guna memastikan program ini bisa jalan di lingkungan Pemkab Kutim.

Dijelaskan, dalam program ini TK2D akan mendapat perlindungan ketenaga kerjaan sebesar Rp.10.800 yang di danai dari APBD murni 2021. Dana ini tidak masuk dalam unsur keuangan penggajihan. Sehingga tidak akan menggangu gajih dari TK2D dan tidak memberatkan para TK2D yang menjadi peserta jaminan sosial tersebut.

Joni berharap, penyelenggara BPJS  dan pemerintah harus saling bergandeng tangan untuk mengimplementasikan amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 Tentang BPJS, yang menyasar pada tenaga kerja.

Diakui, terkait MoU tentang  BPJS ketenagakerjaan ini, sudah di persiapkan oleh BPJS Ketenaga Kerjaan. Namun belum di tanda tangani oleh pihak Pemkab Kutim karena masih terkendala dengan data-data pegawai TK2D yang belum diserahkan dari OPD terkait saja. Karena itu, pada OPD Joni berharap agar segera menyerahkan data TK2D, sehingga BPJS ini cepat  ditandatangani.

Sementara Ahmad Bisri selaku Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenaga Kerjaan Cabang Bontang-Kutim mengatakan bahwa BPJS Ketena Kerjaan bagi para TK2D di lingkungan Pemkab Kutim akan memberikan dampak positif untuk melindungi TK2D dengan syarat adanya NRTK2D

“ Keuntungan dari BPJS Ketenaga Kerjaan bagi TK2D, jika saat melaksanakan tugasnya para ternyata mengalami musibah maka akan mendapat santunan dari BPJS Ketenaga Kerjaan,” Jelas Bisri (ADV)

News Feed