Keluar dari WDP, Kutim Menuju WTP

Wartakutim.co.id, Sangatta – Wakil Bupati Kasmidi Bulang menekankan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat bercermin, pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Ditegaskan pria bertubuh tinggi besar tersebut, bahwa jangan melihat kesana sebagai persoalan yang harus dipermasalahkan. Tetapi menjadi cerminan atas kinerja seluruh OPD dilingkungan Pemkab Kutim. Walau tidak semua OPD diperiksa, hanya beberapa yang diambil sebagai sample dalam pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

“Oleh sebab itu saya meminta seluruh OPD, untuk wajib menyelesaikan laporan dan berkomunikasi dengan pihak BPK. Harusnya kita bisa berubah dari WDP menjadi Wajar Tanpa Pengecualian,” harapnya.

Dapat dilihat dari hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Kaltim, jika tidak ada temuan yang berarti terkait pengembalian atau kerugian negara. Karena sebagian besar yang dilihat BPK, hanya soal administrasi.

Wabup berharap OPD yang menjadi leader dalam berkomunikasi dengan BPK, seperti Inspektorat Wilayah (Itwil) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Untuk menjadi ujung tombak daerah dalam hal ini OPD lainnya, untuk membackup mengawal perihal pelaporan dengan baik dan benar.

“Sehingga kedepan ketika ada OPD diperiksa, harus proaktif. Jangan menyepelekan, terus berkomunikasi dengan baik. Dibandingkan 2016, jauh lebih berat. Tetapi ditahun itu kita bisa keluar dari WDP. Karena Tim yang mengawal OPD lainnya bergerak dengan baik,” terang Kasmidi Bulang. (ADV-KOMINFO/Imr/Wal)