Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI Gantikan Andika Perkasa

Wartakutim.co,id. Jakarta – Ketua DPR Puan Maharani mengumumkan secara resmi KSAL Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Hal itu disampaikan Puan setelah menerima Surat Presiden (Surpres) calon Panglima TNI dari Mensesneg Pratikno di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

“Saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut saat ini,” ujar Puan dalam konferensi pers di Media Center Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia.

Selanjutnya, kata Puan, DPR akan menindaklanjuti untuk menugaskan Komisi I agar melaksanakan mekanisme terkait dengan pergantian atau pengangkatan panglima TNI yang baru. Di mana nantinya Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember dan memasuki masa pensiun sebagai TNI pada tanggal 1 Januari 2023.

“Dengan surat resmi presiden telah kami terima artinya bahwa bapak Laksamana Yudo Margono, KSAL, bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk nanti melaksanakan fit and proper yang ada di DPR,” kata Puan. (Voi/Imr)