Berita Pilihan

Pasca Putusan MK, Wasekjend PD Sampaikan Terima Kasih

381
×

Pasca Putusan MK, Wasekjend PD Sampaikan Terima Kasih

Sebarkan artikel ini
Pasca Putusan MK Menolak Proporsional Tertutup, Wasekjend PD Sampaikan Terima Kasih

WARTAKUTIM.CO.ID,JAKARTA – Putusan MK yang diapresiasi dan disambut gembira oleh rakyat memperlihatkan pentingnya peran MK dalam menjaga konstitusi Indonesia dan mendorong kemajuan demokrasi.

Wakil Sekjen Partai Demokrat Irwan menyatakan, Mahkamah Konstitusi memang memiliki peran penting sebagai pengawal konstitusi dan penjaga keadilan dalam sistem hukum Indonesia.

Terkait sistem pemilihan umum, Kata Irwan, bahwa sistem proporsional tertutup tidak sesuai dengan amanat reformasi 1998 dan mengharapkan penegakan kedaulatan rakyat.

Pendapat ini mungkin merujuk pada sistem pemilihan umum dengan daftar calon tetap (DCT), di mana partai politik menentukan urutan calon terpilih dari daftar yang sudah ditetapkan sebelumnya, “ungkapnya

Lebih lanjut Ia menambahkan, Sebaliknya, sistem pemilihan umum dengan daftar calon terbuka (DCT) memungkinkan pemilih untuk memilih langsung calon dari partai politik yang mereka inginkan. Pendekatan ini memberikan pemilih lebih banyak kendali dalam menentukan perwakilan mereka, “tegasnya.

Dikatakan, dalam konteks ini Partai Demokrat, membuka ruang kompetisi yang demokratis dan sehat secara setara, dengan fokus pada membangun kedekatan dengan pemilih.

“Kami, di Partai Demokrat juga menegaskan penolakan terhadap opsi tertutup dalam sistem pemilihan umum, karena hal ini dianggap tidak mencerminkan kedaulatan rakyat yang demokratis, sehat, dan seimbang, “tegasnya..

Lebih jauh ia menyatakan, pentingnya membangun kedekatan dengan pemilih dan memperjuangkan kepentingan rakyat merupakan tujuan utama Partai Demokrat. Partai tersebut siap melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan melalui kaderisasi dan berkomitmen untuk memperbaiki Indonesia menuju yang lebih baik.

Dengan adanya putusan MK, saya diharapkan bahwa angin perubahan dan perbaikan akan terus berhembus di Indonesia, dan demokrasi akan terus berkembang di tanah air,”pangkasnya (Rilir).