BerauEkonomiKecamatan

Pelatihan Akuntansi untuk Pengurus Koperasi

491
×

Pelatihan Akuntansi untuk Pengurus Koperasi

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Sangatta – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UMKM) Kutai Timur telah mengadakan sebuah inisiatif pelatihan akuntansi yang secara khusus diarahkan kepada anggota-anggota koperasi. Acara ini berlangsung pada hari Senin (23/07/2023) di Teras Belad, dan menjadi kegiatan keempat yang diselenggarakan pada tahun yang sama.

Bupati Ardiansyah Sulaiman membuka acara ini secara resmi, didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Pengawasan Diskop UMKM, Firman Wahyudi. Acara ini menarik peserta dari tiga kecamatan di pedalaman Kutai Timur.

Firman Wahyudi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbag Protokol Setkab Kutim, menjelaskan bahwa pelatihan akuntansi ini memiliki durasi selama tiga hari dan melibatkan pengurus koperasi dari kecamatan Muara Wahau, Muara Ancalong, dan Batu Ampar.

“Melalui pelatihan akuntansi ini, kami berharap bahwa para pengurus koperasi di berbagai kecamatan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka. Hal ini diharapkan akan berdampak positif pada upaya penataan keuangan, termasuk penyusunan laporan keuangan koperasi,” jelas Firman Wahyudi, yang akrab dipanggil Bobo oleh banyak orang.

Lebih lanjut, kegiatan ini juga merupakan bagian dari usaha pemerintah kabupaten dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di setiap koperasi, terutama fokus pada koperasi-koperasi yang tersebar di 18 kecamatan di wilayah Kutai Timur.

“Inisiatif ini mencerminkan komitmen kami untuk memperkuat sumber daya manusia dalam sektor koperasi, yang pada gilirannya akan berkontribusi positif pada perkembangan ekonomi lokal dan kemandirian masyarakat,” tambah Firman.

Dengan adanya pelatihan akuntansi ini, diharapkan bahwa koperasi-koperasi di Kutai Timur akan semakin mampu mengelola aspek keuangan mereka secara lebih profesional dan transparan, mendukung pertumbuhan ekonomi daerah serta memberikan manfaat yang lebih besar kepada anggotanya. (Wal/adv)