Berita

Dishub Kutim Melepas Tiga Pelajar Menuju Seleksi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

1308
×

Dishub Kutim Melepas Tiga Pelajar Menuju Seleksi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

Sebarkan artikel ini
Dishub Kutim Melepas Tiga Pelajar Menuju Seleksi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

WARTAKUTIM.CO.ID,SANGATTA  – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Timur (Dishub Kutim), Joko Suripto, memimpin seremoni pelepasan tiga pelajar yang akan mengikuti seleksi pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalulintas Angkutan Jalan (LLAJ) tingkat Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (07/08/2023).

Seleksi Pelopor Pelajar ini merupakan bagian dari agenda rutin tahunan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang bertujuan untuk mendorong kesadaran dan pengertian terhadap keselamatan lalu lintas di kalangan pelajar, terutama jenjang menengah atas. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Safety Transport For Indonesia’s Future”.

Joko Suripto, didampingi oleh Sekretaris Dishub Deky Hermawan, menjelaskan bahwa ketiga pelajar ini telah lolos seleksi yang diadakan oleh Dishub Kutim pada tanggal 26 Juni lalu, dengan menghadirkan 36 peserta dari berbagai sekolah setingkat SLTA di Kabupaten Kutai Timur.

“Kami (Dishub Kutim) yakin bahwa para pelajar kami mampu bersaing dengan peserta dari kabupaten/kota lain di Kaltim,” ujar Joko Suripto dengan penuh keyakinan.

Optimisme ini didukung oleh kolaborasi antara Dishub Kutim dan guru pendamping dari sekolah-sekolah yang bersangkutan. Mereka memberikan pelatihan intensif kepada para siswa, termasuk berbagai latihan yang berkaitan dengan materi lomba.

Joko Suripto menambahkan, “Saya ingin menyampaikan pesan kepada para pelajar, jangan merasa tidak cukup mampu. Anda memiliki potensi, dan jika berhasil hingga tingkat nasional, itu akan menjadi prestasi yang tak ternilai, bukan hanya bagi kami di kantor, tapi juga bagi saya secara pribadi.”

Murni Irawati, Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kutim, menyampaikan bahwa ketiga pelajar yang berasal dari tiga sekolah SMA akan mengikuti seleksi Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ tingkat Provinsi Kaltim selama dua hari, mulai tanggal 8 hingga 9 Agustus, di salah satu hotel di Samarinda.

“Ada tiga kategori lomba, yakni karya tulis, inovasi alat peraga keselamatan, public speaking, dan ada penilaian tambahan, yaitu performance. Dewan juri tidak hanya menilai hasil karya peserta, tetapi juga bagaimana mereka menyajikannya,” ungkap Murni Irawati.

Tiga pelajar yang akan mewakili Kabupaten Kutai Timur dalam pemilihan pelopor pelajar Keselamatan LLAJ tingkat Provinsi Kaltim adalah M Risky Ramadhan dari SMK N 1 Sangatta Utara, Ariiq Maulana Afriyansyah dari SMA N 2 Sangatta Utara, serta Magdalena Naura Attalya dari SMA N 1 Sangatta Selatan. (ADV)