BeritaHukum Dan Kriminal

Satuan Samapta Polres Kutai Timur Gencar Lakukan Patroli Mobile untuk Mencegah Tindak Kriminalitas

624
×

Satuan Samapta Polres Kutai Timur Gencar Lakukan Patroli Mobile untuk Mencegah Tindak Kriminalitas

Sebarkan artikel ini
Satuan Samapta Polres Kutai Timur Gencar Lakukan Patroli Mobile untuk Mencegah Tindak Kriminalitas

WARTAKUTIM.CO.ID,SANGATTA – Personel dari Satuan Samapta Polres Kutai Timur (Kutim) telah mengambil langkah proaktif dalam mengantisipasi potensi tindak kriminalitas dengan menggelar patroli mobile di beberapa titik lokasi yang dianggap rawan.

Pada Selasa, tanggal 15 Agustus 2023, Kasat Samapta Polres Kutim, IPTU Subeki, menjelaskan bahwa patroli malam ini bertujuan untuk melakukan pemantauan terhadap kegiatan masyarakat dan sekaligus mencegah potensi gangguan terhadap ketertiban dan keamanan.

”Petugas melaksanakan patroli dialogis untuk mengantisipasi kejahatan konvensional C3 (curas, curat, dan curanmor) sehingga hadirnya Polri di tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan nyaman serta terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” kata Kasat Samapta

Kasat Samapta Polres Kutim, IPTU Subeki, menjelaskan bahwa patroli ini dilaksanakan dengan pendekatan dialogis guna mengantisipasi tindak kejahatan konvensional seperti curas (pencurian dengan kekerasan), curat (pencurian dengan pemberatan), dan curanmor (pencurian kendaraan bermotor).

“Tujuan utama dari kehadiran Polri di tengah masyarakat adalah untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,”ungkapnya

Kasat Samapta juga memberikan perintah kepada personel satuan sabhara untuk meningkatkan aktivitas patroli pada jam-jam rawan. Dia menekankan bahwa kegiatan patroli rutin, baik pada siang hari maupun malam hari, akan dijalankan setiap hari, dan pada jam-jam yang dianggap rawan, intensitas patroli akan ditingkatkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana di wilayah hukum Polres Kutim.

“Giat Patroli rutin siang hari dan malam hari dilaksanakan setiap hari serta ditingkatkan pada saat jam rawan guna mencegah terjadinya tindak pidana di wilayah hukum Polres Kutim,” ucap Iptu Subeki

Dengan adanya upaya seperti ini, diharapkan bahwa tindakan proaktif dari Satuan Samapta Polres Kutim akan membantu mencegah potensi tindak kriminalitas dan menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi masyarakat. (Humas Polres Kutim)