BeritaBerita PilihanNasional

Bentangkan Bendera Merah Putih – PT Freeport Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Guinness World Records

204
×

Bentangkan Bendera Merah Putih – PT Freeport Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Guinness World Records

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Jayapura – PT Freeport Indonesia (PTFI) memecahkan rekor dunia dari Guinness World Records (GWR) dalam pembentangan Bendera Merah Putih dengan ukuran 3.431,25 meter persegi di area tambang terbuka Grasberg dari sebelumnya 2.742,434 meter persegi.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PT FI) Tony Wenas dalam siaran pers pada Kamis (17/8/2023), mengatakan pembentangan Bendera Merah Putih berukuran 3.431,25 meter persegi di area tambang terbuka Grasberg DI ketinggian 4.285 meter di atas permukaan laut tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang dilakukan PT FI.

“Pembentangan bendera ini menggambarkan semangat kami dalam merayakan HUT Ke-78 RI, semangat kita satu memberikan yang terbaik untuk Indonesia Maju,” katanya.

Menurut Wenas, kolaborasi dan kekompakan anggota tim dalam mengatasi berbagai tantangan saat melakukan pembentangan bendera memiliki peran utama dalam meraih kesuksesan pemecahan rekor dunia ini.

“Hal tersebut merupakan penegasan kembali terhadap dedikasi PT FI untuk negeri dan semangat itu akan membawa kami untuk terus berdedikasi, bekerja sama, berkontribusi positif bagi masyarakat, dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Dia menjelaskan pembentangan Bendera Merah Putih dilakukan sejak 14 Agustus 2023 di lokasi tertinggi area tambang terbuka Grasberg yang dioperasikan PT FI sejak tahun 1991 dan selesai penambangannya pada 2020.

Dia menambahkan sebelumnya PT FI telah meraih Rekor MURI pada 2022 untuk pertunjukan musik yang digelar di lokasi terdalam 1.220 meter di bawah permukaan tanah yang berlokasi di area Grasberg Block Caving (GBC) tambang bawah tanah PT FI.

Pembentangan Bendera Merah Putih ditutup dengan acara Konser Musik “KITA SATU” yang juga meraih Rekor MURI sebagai konser musik tertinggi di Indonesia yang diselenggarakan di area tambang Grasberg Freeport Indonesia pada ketinggian 4.285 meter di atas permukaan laut. (Wal)