BeritaBerita PilihanNasionalRagam

Rangkaian Acara HUT ke-78 TNI 2023

428
×

Rangkaian Acara HUT ke-78 TNI 2023

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Sangatta – Tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI). Rangkaian acara HUT TNI ke-78 tahun ini bakal diadakan di Monumen Nasional (Monas). Momen istimewa bagi para TNI ini sebenarnya sudah diselenggarakan sejak tanggal 24 September serta berjalan dengan lancar dan aman. 

Masyarakat bisa menyaksikan secara gratis rangkaian acara HUT TNI ke-78 yang berisikan sejumlah kegiatan menarik. Bagi masyarakat umum yang ingin melihat keseruan acara bisa datang ke Silang Monas dan mengenakan pakaian bertema army look atau tactical. Lantas seperti apa sejarah HUT TNI dan apa saja rangkaian acaranya di tahun ini?

Sejarah HUT TNI 5 Oktober

Dilansir dari laman resmi TNI, peringatan HUT TNI setiap tanggal 5 Oktober dilaksanakan bermula dari momen pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945. Sebelumnya, TKR bernama Badan Perubahan Rakyat (BKR) yang merupakan cikal bakal TNI saat ini. 

Peresmian nama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dilakukan pada 3 Juni 1947 oleh Presiden Presiden Soekarno. Tujuan dari pembentukan TNI ini adalah untuk mempersatukan dua kekuatan bersenjata, yaitu TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat yang ada di Indonesia.

Pada Kamis 5 Oktober 2023 HUT TNI memasuki usia yang ke-78. Peringatan HUT TNI tahun ini mengusung tema dengan slogan “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”. Tema tersebut digunakan pada logo, banner, dan twibbon peringatan HUT ke-78 TNI

Rangkaian Acara HUT TNI ke-78 2023

Peringatan HUT ke-78 TNI diisi dengan rangkaian acara menarik yang dimulai dari tanggal 24 September. Berbagai kegiatan yang digelar mulai dari bakti sosial, bazar dan  pasar murah, pameran alutsista, Panglima TNI Run, dan sebagainya. Acara puncak sekaligus penutupan akan dilaksanakan pada 5 Oktober dengan upacara dan defile. 

TNI mengadakan Bakti kesehatan yang dilaksanakan di 78 titik secara serentak di Indonesia, yang terdiri dari donor darah, khitanan massal, pengobatan umum, operasi katarak, dan Pengobatan Gigi. Selain itu, diadakan juga Senam Kesegaran Jasmani 88 di 400 titik Satuan Kerja (Satker) TNI yang tersebar di seluruh Indonesia dengan pesertanya ribuan personel.

Dalam event TNI Runs, dibuka 3 kategori yaitu 21 K, 10 K, dan 5 K dengan peserta sebanyak 10.000 pelari. TNI juga mengadakan pagelaran wayang kulit terbanyak di 78 titik secara serentak baik di dalam negeri maupun luar negeri. Pagelaran wayang kulit di luar negeri diselenggarakan di sejumlah negara, mulai dari Malaysia, Suriname, dan Amerika. 

TNI juga mengadakan program ketahanan pangan terbanyak di 400 titik secara bersamaan. Fakta menarik dari kegiatan peringatan HUT TNI ke-78, dilaksanakan di seluruh Indonesia melibatkan ratusan ribu personel, 2.339 set tenda, dan waktu terlama dalam penyelenggaraan yaitu 12 hari. Untuk kelancaran kegiatan, sebanyak 447 unit ambulance disiagakan dan 45 unit pesawat dikerahkan untuk fly pass 2.600.

Upacara HUT TNI ke-78 di Monas

TNI bakal melaksanakan upacara sebagai puncak acara atau penutupan pada 5 Oktober 2023. Informasi ini juga disampaikan melalui akun Instagram resmi Pusat Penerangan (Puspen TNI) @puspentni. Upacara HUT ke-78 TNI diselenggarakan di Silang Monas dan dapat disaksikan secara langsung dan gratis bagi masyarakat umum. 

 

“Saksikanlah Upacara HUT TNI ke-78 Kamis, 05 Oktober 2023 Pukul 07.00 WIB di Silang Monas,” tulis dalam unggahan @puspentni.

Demikianlah informasi rangkaian acara HUT TNI ke-78 di Silang Monas yang digelar dari 24 September hingga acara puncaknya pada 5 Oktober 2023. Peringatan HUT TNI menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para tentara nasional maupun masyarakat Indonesia.  (Wal)