EkonomiKukarRagam

30 Kelompok Pembudidaya Ikan di Tenggarong dapat Bantuan

303
×

30 Kelompok Pembudidaya Ikan di Tenggarong dapat Bantuan

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Tenggarong – Bupati Edi Damansyah menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan kepada 30 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dan Kelompok Usaha Budidaya (KUB) di Gunung Banteng Kelurahan Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong. Pada Sabtu (6/10/23).

Adapun bantuan yang diserahkan berupa perahu, mesin ketinting, bibit ikan, pakan ikan, alat tangkap, dan bantuan lainnya.

Bupati Kukar mengatakan, penyerahan bantuan sebagai bentuk komitmen pemerintah membantu kelompok budidaya Ikan. beberapa bantuan seperti badan ketinting (perahu) dan mesin ketinting yang diberikan kepada kelompok usaha bersama disektor perikanan dan juga bantuan pakan ikan serta bibit ikan pokdakan yang ada di Kecamatan Tenggarong maupun di Kecamatan Tenggarong Seberang.

“Saya terima kasih kepada para ketua kelompok baik itu KUB maupun kelompok usaha perikanan budidaya ini yang menekuni usaha ini dengan baik.” ungkap Edi.

Lanjutnya, karena sektor ini adalah sektor andalan Kukar kalau bicara perikanan di Kukar. Jadi Pemkab Kukar melalui program 25.000 nelayan produktif itu memberikan fasilitasi seperti hari ini yang telah realisasikannya.

“Tentunya harapan saya bantuan ini bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan baik. Terus tadi ada bantuan alat tangkap juga dimanfaat dengan baik. Insyallah saya memastikan melalui Kukar Idaman di sektor perikanan juga akan mendapat prioritas. Karena ini bagian dari program ketahanan pangan yang cita-cita Kukar menjadi lumbung pangan Provinsi Kaltim.”harapnya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar Muslik, menyebutkan bahwa dalam penyerahan bantuan ini ada kurang lebih ada 30 an Pokdakan dan KUB dari Kelurahan Mangkurawang, Loa Tebu, dan ada juga dari Tenggarong Seberang.

Diantaranya untuk Kelurahan Loa Tebu ada KUB Loa Tebu Jaya sebanyak 10 unit perahu dan mesin, KUB LTB Jaya Bersinar ada 7 unit Perahu dan 10 unit mesin, 150 Pis Rengge Patin, KUB Bersatu Jaya 10 Unit mesin ketinting, KUB sukses Jaya 10 unit mesin ketinting dan 130 buah alat tangkap bubu labuh, dan KUB Mahakam 10 Unit Mesin Ketinting

“Harapannya bantuan tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, agar meningkatkan produksi dan bisa meningkatkan pendapaatan para pelaku usaha perikanan. Sehingga bisa mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia.”tutupnya. (*Zul)