Berita

Siang Geah Dukung Mahasiswa Kehutanan: Menyelamatkan Lingkungan dari Ancaman Perusahaan Merugikan

453
×

Siang Geah Dukung Mahasiswa Kehutanan: Menyelamatkan Lingkungan dari Ancaman Perusahaan Merugikan

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIM.CO.ID, SANGATTA – Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPRD Kutai Timur, Siang Geah, memberikan dukungan kuat terhadap peran mahasiswa kehutanan sebagai penjaga lingkungan di tengah merebaknya perusahaan-perusahaan yang dapat merugikan ekosistem.

“Sebagai seorang aktivis lingkungan yang berpengalaman, saya sepenuhnya mendukung upaya mahasiswa kehutanan dalam menyosialisasikan pentingnya pelestarian lingkungan,” ujar Siang Geah saat berdiskusi dengan mahasiswa kehutanan di Kantor Sekretariat Kabupaten Kutai Timur pada Kamis (02/11/23).

Lebih lanjut, Siang Geah menambahkan bahwa dalam strategi aksinya, pihaknya berperan aktif dalam memberikan tips yang esensial, dimulai dari analisis kondisi lingkungan sebagai langkah awal untuk menentukan langkah-langkah berikutnya. “Proses ini melibatkan pembangunan komunikasi dari tingkat masyarakat hingga pemerintah kabupaten, termasuk tokoh masyarakat dan perangkat desa,” kata Siang Geah di hadapan puluhan mahasiswa.

Pria yang akrab disapa Geah ini menekankan bahwa analisis kondisi merupakan langkah awal penting untuk mengetahui arah tindakan selanjutnya. Dalam kesempatan itu, ia juga mempertanyakan apakah daerah tersebut sudah menjadi bagian dari kampung atau dimiliki oleh perusahaan. “Ini penting untuk mengetahui statusnya terlebih dahulu. Perusahaan-perusahaan yang ada saat ini, apakah sudah memenuhi perizinan terkait dengan lingkungan dan pemanfaatan lahan? Jangan sampai di kemudian hari timbul masalah yang akan berdampak terhadap masyarakat di sekitarnya,” tegasnya.

Lebih lanjut, Geah menambahkan langkah berikutnya adalah membangun komunikasi dengan semua pihak terkait sambil melakukan advokasi kepada masyarakat. “Mereka harus membangun komunikasi dengan orang-orang sekitar sambil melakukan advokasi terkait isu lingkungan,” tambahnya.

Wawancara ini ditutup dengan Geah memberikan semangat dan dukungan kepada mahasiswa kehutanan agar tetap konsisten dalam aksi nyata mereka untuk menyelamatkan lingkungan, sehingga dapat mencegah kerugian bagi masyarakat. (ADV)