BeritaRagam

Optimalisasi Peran Juru Pungut! Strategi Bapenda Tingkatkan PAD

474
×

Optimalisasi Peran Juru Pungut! Strategi Bapenda Tingkatkan PAD

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Balikpapan – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kutai Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait optimalisasi peran juru pungut dan pelatihan collaboration skill dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Syahfur didampingi Sekretaris Emanuel Eng menerangkan, bimtek yang berlangsung di Grand Jatra Hotel, Balikpapan pada Senin (6/11/2023). Dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja, khususnya dalam hal pelayanan umum.

“Sehingga petugas lapangan dapat melaksanakan tugas pokok yang diperlukan. Baik dari sisi ketrampilan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun pemahaman program dan kegiatan dalam rangka meningkatkan PAD,” jelasnya.

Ditambahkan Sekretaris Bapenda Emanuel Eng, bimtek yang dilakukan selama dua hari tersebut. Untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kapasitasnya dalam mengelola pajak diwilayahnya masing-masing yang terdiri dari 11 jenis pajak.

“Itu meliputi pajak restoran, pajak reklame, pajak hotel, pajak hiburan. Pajak parkir, pajak penerangan jalan, pajak air tanah, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak sarang burung walet, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan, pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan,” terangnya.

Ditambahkannya inti dari bimtek diharapkan agar peserta bisa lebih mengerti tugas dan fungsinya, dan kedepannya  juru pungut mengeri regulasi terkait pengawasan dan pemungutan di daerah masing-masing.

Serta sosialisasi pembayaran Wajib Pajak (WP) pajak menggunakan aplikasi online menggunakan internet Memberikan pengetahuan pada masyarakat perihal daftar pajak online dan bayar pajak online. (Adv-War)