KaltimRegional

Kejar Target di MTQ 2025 – TOT Pelatih Dimantapkan

500
×

Kejar Target di MTQ 2025 – TOT Pelatih Dimantapkan

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Sangatta – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) sebagai lembaga resmi yang secara khusus mengajarkan dan mengembangkan berbagai cabang ilmu tetang Al-ur’an, baik dalam seni menulis, memahami isi kandungan, serta seni. 

Maka LPTQ Kabupaten dituntut untuk memperbaiki dan mendongkrak peringkat Kutim, dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi. Dimana Kutim ditunjuk pada beberapa waktu lalu, sebagai tuan rumah pada ajang tingkat Provinsi Kaltim tersebut. 

Hal ini penting, selain berbicara perihal prestasi juga merupakan festival keagamaan Islam Indonesia yang diadakan di tingkat provinsi yang bertujuan untuk mengagungkan Al Quran. 

Untuk itu pada Senin (13/11/2023), digelar Training Of Trainer (ToT) untuk calon pelatih MTQ oleh LPTQ Kutim yang bertempat dii Q Hotel Sangatta.

Diterangkan Ketua Panitia ToT calon pelatih MTQ Sirajuddin, bahwa pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas pelatih. Sehingga tidak hanya sekedar mengejar kualitas atau kemampuan peserta semata.

“Mengingat hebatnya peserta MTQ nantinya, bukan semata-mata kemampuan peserta semata. Akan tetapi juga karena kemampuan serta kualitas dari pelatih-pelatih juga,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Ardiansyah Sulaiman menyebutkan, momentum menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Kaltim pada 2025 mendatang. Merupakan kesempatan Kutim. 

“Sehingga penting gelaran ToT Pelatih dengan mengundang para narasumber yang sudah melatih banyak pelatih-pelatih handal di daerah. Untuk menciptakan pelatih MTQ dari Kutim guna menatap MTQ nanti,” harap Ardiansyah Sulaiman.

Bupati berharap besar dengan digelarnyq ToT oleh LPTQ Kutim. Agar Kabupate ini mampu tampil Kutim tampil percaya diri sebagai tuan rumah. Dengan konsep sukses pelaksanaan dan suskes prestasi. 

“Itu yang kita harapkan dan para peserta bisa memaksimalkan ilmu yang diberikan oleh narasumber atau pelatih nasional,” tegas Bupati.

Perlu diketahui calon-calon pelatih bakal dikelompokkan sesuai cabang yang dipertandingkan dalam MTQ biasanya. Mulai dari Tilawah, Qirat, Syahril, Fahmi Quran, Khattil Quran, Tafsir, Tahfizg Quran, Hadist dan MKTIQ. (Adv-War)