BeritaKecamatanRegional

Kades Hasil PAW Desa Wanasari Dilantik Bupati

190
×

Kades Hasil PAW Desa Wanasari Dilantik Bupati

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Muara Wahau – Kepala Desa hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Wanasari Muara Wahau yakniAzharudin, resmi dilantik Bupati Ardiansyah Sulaiman pada Rabu (15/11/2023) pagi.

Pelantikkan tersebut sekaligus mengambil sumpah janji anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) di desa teesebut. Yang mana turut dihadiri Kepala DPMDes Yuriansyah T, Plt Kadisperindag Andi Nur Hadi Putra, Camat Muara Wahau Marlianto, Camat Telen Petrus Ivung, hingga pihak Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) setempat.

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman menyebutkan bahwa Kades dan BPD punya tupoksi sendiri-sendiri. Tetapi keduanya punya kewajiban untuk menyelenggarakan pemerintahan desa. 

“Yang satu berfungsi sebagai eksekutif dan yang satunya sebagai legislatif . Eksekutor menjalankan dan legislator menyusun. Sama dengan Kades sebagai eksekutor dan BPD sebagai legislator. Perbedaannya adalah Kades dan BPD tidak mewakili partai politik tapi tugasnya hampir sama yaitu bersama-sama menyusun rencana kerja desa,” terang Ardiansyah Sulaiman.

Pelantikan ini sendiri berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Kutim Nomor : 141.1/K.568/2023. Dimana Bupati berharap pula agar Kades dan BPD bisa bersinergi dengan baik sehingga tersusun APBDes yang representatif dan pro terhadap pembangunan desa.

“Ikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan dan tidak melampaui kewenangan yang sudah diberikan,” tambah Bupati. (Adv-War)