BeritaOlahraga

Kejuaraan FTI Kutim di Muara Bengkal, Dibuka Wabup Kasmidi Bulang

480
×

Kejuaraan FTI Kutim di Muara Bengkal, Dibuka Wabup Kasmidi Bulang

Sebarkan artikel ini

Wartakutim.co.id, Muara Bengkal – Event olahraga Triathlon tingkat pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kutai Timur, pertama kalinya digelar pada 18-19 November 2023, berjalan sukses.

Kegiatan yang melibatkan 96 peserta yang terdiri dari 43 pelajar tingkat SMP dan 53 pelajar tingkat SMA putra dan putri yang berasal dari berbagai sekolah yang ada di Kutim. Resmi dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang yang didampingi Ketua Komite Olahraga Nasionla Indonesia (KONI) Kutim Rudi Hartono pada Sabtu (18/11/2023), di Danau Gelombang Kecamatan Muara Bengkal

Diterangkan Agus Wulan Rahayu Bagyo Ketua Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Kutim, jika pihaknya tidak menyangka antusias peserta untuk mengikuti even tolahraga triathlon begitu tinggi.

“Event olahraga ini mempertandingkan tiga cabang lomba, dan dilakukan secara berkesinambungan mulai dari lari berenang dan bersepeda.Terlebih penyelenggaranya kami gelar di daerah yang tergolong jauh dari ibu kota kabupaten. Kami apresiasi kepada seluruh peserta yang sudah datang ke sini (Muara Bengkal), ” tukas Agus.

Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada guru pendamping yang setia memberikan semangat kepada para atlet yang mengikuti ajang yang baru pertama kali di gelar di kecamatan ini, menurutnya seluruh materi latihan yang diberikan pada saat sosialisasi, sebagian besar sudah mampu diimplementasikan secara baik kepada para atletnya yang bertanding dalam ajang kali ini.

“Kegiatan ini juga menjadi upaya kami (FTI Kutim) untuk menggali bibit atlet-atlet lokal kita, yang akan kami masukan dalam program jangka panjang FTI Kutim, karena kita sadari untuk menjadi atlet yang benar-benar siap terjun ke event regional maupun nasional, perlu waktu dan latihan yang tidak sedikit, termasuk kesiapan mental atletnya,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kejuaran, baik itu pemerintah kabupaten, Dispora, pemerintah kecamatan Muara Bengkal termasuk masyarakat yang mengaku merasa terhibur dengan adanya tontonan kejuraaan olahraga yang baru pertama kali digelar di wilayah tersebut.

“Termasuk dari Ketua KONI Kutim Pak Rudi Hartono yang mengaku bangga dengan pola pengkaderan yang dilakukan oleh kami, dan beliau mengaku siap mensupport FTI Kutim, baik untuk pembinaan maupun event-event kejuaraan lainya,” ungkapnya.

Perlu diketahui, seluruh pemenang dalam setiap kategori kejuaraan kali ini tidak hanya diberi medali dan piagam penghargaan. Namun juga diganjar dengan uang pembinaan, masing-masing untuk Juara I Rp 2,5 juta, Juara II Rp 2 juta. Untuk Juara IiI diberikan Rp 1,5 dan Juara IV Rp 1 juta. Serta bonus khusus dari Ketua FTI Kutim sebesar Rp 5 juta yang diberikan kepada para guru pendamping atau pelatih yang mampu membawa ateltnya juara pertama di masing-masing kategori. (Adv-War)