Berita

Dishub Kutim Terjunkan 26 Personel untuk Operasi Ketupat 2024

412
×

Dishub Kutim Terjunkan 26 Personel untuk Operasi Ketupat 2024

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIM.CO.ID, SANGATTA – Operasi Ketupat tahun 2024 di Kutim mencakup tiga pos pengamanan utama yakni Pos Pendidikan di Jalan Yos Sudarso, Pantai Kenyamukan, dan Pantai Teluk Lombok. Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Lalu Lintas Dishub Kutim, Zulkarnain.

‘Pengamanan akan berada di Pos Pendidikan, yang merupakan jalur utama arus mudik dan titik antisipasi lonjakan kendaraan serta kemacetan yang biasanya terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Kami juga akan menempatkan personel di dua pos lainnya (Kenyamukan dan Teluk Lombok), namun sifatnya hanya berpatroli,” Ujar  Zulkarnain.  (05/04/2024).

Lebih lanjut dia menambahkan, di pengamanan Operasi ketupat, jumlah personel yang di tugaskan sebanyak 26 personil untuk bergabung dalam satuan tugas (Satgas) pengamanan Operasi Ketupat 2024

“Satgas ini akan bertugas untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan lalu lintas selama arus mudik Lebaran tahun ini. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan dan mencegah kemacetan yang sering terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri,”katannya

Selain menempatkan personel di pos-pos pengamanan, Dishub Kutim juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk kepolisian, untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi lonjakan arus lalu lintas kendaraan. Kerjasama ini penting untuk menjaga kelancaran dan keamanan selama masa mudik. Zulkarnain juga mengimbau kepada para pengguna jalan yang hendak mudik agar selalu mengutamakan keselamatan saat di jalan.

“Pastikan kendaraan dalam kondisi aman dan laik jalan, gunakan selalu sabuk pengaman dan helm standar, segera istirahat di tempat yang aman apabila sudah merasa kelelahan,” ujarnya.

Dalam konteks pengamanan Lebaran, Dishub Kutim juga telah mengadakan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya keselamatan berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan bahwa perjalanan mudik dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami berharap dengan adanya upaya ini, masyarakat dapat merasakan manfaatnya dan perjalanan mudik mereka menjadi lebih nyaman,” kata Zulkarnain.

Operasi Ketupat 2024 merupakan bagian dari komitmen Pemkab Kutim untuk selalu hadir dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warganya, terutama pada momen-momen penting seperti mudik Lebaran. Dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat sangat diharapkan agar tujuan dari operasi ini dapat tercapai dengan optimal. (adv)