Berita PilihanPolitik

DPC Partai Demokrat Kutim Buka Pendaftaran Bacalon Pilkada 2024, Agiel Suwarno Pendaftar Pertama

2360
×

DPC Partai Demokrat Kutim Buka Pendaftaran Bacalon Pilkada 2024, Agiel Suwarno Pendaftar Pertama

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIM.CO.ID,SANGATTA – Partai politik mulai melakukan persiapan menghadapi perhelatan Pilkada serentak 2024, salah satunya adalah DPC Partai Demokrat Kutai Timur (Kutim) yang telah membuka pendaftaran penjaringan bakal calon (Bacalon) Bupati dan Bacalon Wakil Bupati Kutim untuk Pilkada Kutim periode 2024-2029.

Ketua DPC Partai Demokrat Kutim Ir. H. Ordiansyah mengatakan, penjaringan tersebut merupakan arahan dari DPP Partai Demokrat untuk mencari sosok pemimpin yang akan diusung partai demokrat pada Pilkada Kutim yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.

“Arahan DPP (Dewan Pimpinan Pusat), DPD, dan DPC membuka pendaftaran penjaringan Bacalon lebih cepat dari partai politik lain,” kata Ordiansyah di Sekretariat Partai Demokrat saat menerima Bacalon Bupati Agiel Suwarno, Sabtu (06/04/2024).

Lebih lanjut ia menambahkan, tujuan dibukanya pendaftaran tersebut untuk memberikan ruang dan waktu yang cukup kepada masyarakat untuk menyampaikan informasi tentang figur-figur yang diinginkan masyarakat.

Dikatakan, Partai Demokrat ingin membangun dialektika, bahwa pemilihan kepala daerah itu bukan sekadar mencari bupati dan wakil bupati setiap lima tahun sekali, tetapi diperlukan pemimpin yang berintegritas dan memiliki visi-misi untuk membangun dan menyejahterakan masyarakat Kutim.

“Kita berkeinginan melihat sosok yang pantas untuk memimpin Kutim 5 tahun ke depannya yang mampu membawa perubahan untuk kesejahteraan masyarakat Kutim,” katanya.

Mantan Birokrat tersebut juga mengajak masyarakat untuk sering kali melakukan diskusi dalam mencari pemimpin yang mampu membawa perubahan dan perbaikan untuk Kutim. Namun juga pihaknya membuka ruang kepada kepala daerah yang telah menjabat saat ini.

“Masyarakat diajak untuk membuka pikiran lebih luas. Bahwa nanti ada calon dari incumben atau petahana yang maju atau ada calon baru kita gali posisinya melalui ini,” ungkapnya.

Lebih jauh Ordiansyah menambahkan, pihaknya merasa bangga karena yang pertama mengambil formulir untuk pendaftaran penjaringan balon bupati dari politisi senior PDIP Kutim Agiel Suwarno.

“Kami merasa bangga betul hari ini karena yang pertama datang adalah sosok figur yang telah memiliki popularitas tinggi di masyarakat Kutim,” katanya.

Ia menambahkan, pendaftaran penjaringan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati akan dimulai sejak 30 Maret hingga 30 April 2024. Seluruh berkas dari pendaftaran Bacalon tersebut akan diserahkan ke DPP untuk diseleksi. Selain itu, PD akan melakukan Survei internal terhadap Bacalon yang telah melakukan pendaftaran di DPC Partai Demokrat Kutim.

“Semua berkas Bacalon nantinya akan kami serahkan ke DPP untuk dilakukan tahap seleksi dan juga tentu DPP dan DPC akan melakukan Survei di lapangan,” pungkasnya.

Sebelumnya anggota DPRD Kalimantan Timur Agiel Suwarno mendatangi kantor DPC Partai Demokrat Kutim untuk mengambil Formulir Pendaftaran di partai besutan AHY tersebut. Politisi Senior PDIP Kutim didampingi sejumlah jajaran pengurus DPC PDIP Perjuangan.

Agiel mengatakan dirinya merasa terpanggil dan adanya dorongan masyarakat bawah untuk maju pada Pilkada Kutim nanti. Namun untuk maju pada Pilkada Kutim ini tentunya perlu kerjasama antar partai dengan melakukan koalisi dalam mengusung Calon pada Pilkada nanti. (WAL)