Berita

Pemkab Kutim Apresiasi Pesta Panen Desa Tepian Budaya: Warisan Budaya yang Harus Dilestarikan

249
×

Pemkab Kutim Apresiasi Pesta Panen Desa Tepian Budaya: Warisan Budaya yang Harus Dilestarikan

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIMCO.ID, SANGATTA – Pesta Panen Desa Persiapan Tepian Budaya di Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, mendapat apresiasi tinggi dari Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Bupati Ardiansyah Sulaiman dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang turut hadir dalam acara tersebut, meskipun harus melewati kondisi jalan yang becek setelah hujan.

Ketua panitia pelaksana, Pdt. Firdaus Irang Biling, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran Bupati dan Wakil Bupati. “Saya sangat mengapresiasi Bupati dan Wabup yang berkenan hadir meskipun dalam kondisi jalan yang becek setelah hujan. Tak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada para pihak yang mendukung kegiatan ini,” ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Firdaus menjelaskan bahwa Pesta Panen ini merupakan tradisi yang telah dilaksanakan sejak zaman nenek moyang. Kegiatan ini memiliki nilai budaya yang patut dipelihara dan menjadi wadah silaturahmi bagi seluruh masyarakat. “Kegiatan ini diisi dengan suguhan kebudayaan masyarakat lokal adat Dayak, seperti Tarian Kanjet Lasan yang berarti membersihkan tempat acara agar semuanya berjalan lancar, dan Tari Ajei yang artinya semangat menjaga ketenteraman lingkungan masyarakat,” jelasnya.

Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, yang hadir dalam acara tersebut, nampak larut dan menikmati suguhan tari-tarian dari remaja, pemuda, dan pemudi desa tersebut. “Saya sangat mengapresiasi dan mendukung pengembangan serta pelestarian kebudayaan yang ada di Desa Tepian Budaya. Diharapkan ke depan kebudayaan ini menjadi potensi desa yang dapat menyejahterakan masyarakatnya,” kata Ardiansyah.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, juga menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan yang rutin dilaksanakan sebagai agenda tahunan ini. Menurutnya, agenda kebudayaan ini patut dilestarikan sebagai warisan nenek moyang. “Selain sebagai budaya, pesta panen ini menjadi wujud rasa syukur masyarakat,” tambah Kasmidi.

Syukuran Pesta Panen Mecaq Undat di Desa Persiapan Tepian Budaya, Desa Tepian Langsat, Kecamatan Bengalon tahun ini terasa istimewa karena dihadiri langsung oleh pasangan kepala daerah di kabupaten ini, yaitu Bupati Kutai Timur H Ardiansyah Sulaiman dan Wabup H Kasmidi Bulang. Kehadiran mereka memberikan semangat dan motivasi bagi masyarakat untuk terus melestarikan kebudayaan lokal.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (Kadis TPHP) Dyah Ratnaningrum, Camat Bengalon Suharman, Kepala Desa Tepian Langsat Zeky Hamszah, Pj Kades Persiapan Tepian Budaya Syuhada, unsur Forkopimcam, serta ratusan masyarakat. Kehadiran berbagai elemen pemerintahan dan masyarakat ini menunjukkan betapa pentingnya kegiatan budaya ini bagi komunitas lokal.

Melalui acara ini, Bupati Ardiansyah dan Wakil Bupati Kasmidi berharap agar tradisi Pesta Panen dan kebudayaan lainnya di Kutai Timur dapat terus dipertahankan dan dikembangkan. Mereka menekankan pentingnya peran serta semua pihak dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya agar tetap hidup dan diwariskan kepada generasi berikutnya. (ADV)