Berita

Pemerintah Kutai Timur Dorong Penyelarasan Program Melalui Radalok

243
×

Pemerintah Kutai Timur Dorong Penyelarasan Program Melalui Radalok

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIM.CO.ID,SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tengah berupaya mengevaluasi tantangan yang dihadapi oleh Perangkat Daerah (PD) dalam melaksanakan program-programnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyelenggarakan Rapat Pengendalian Operasional Kegiatan (Radalok) guna meningkatkan percepatan dalam pelaksanaan kegiatan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setkab Kutim, Zubair, mendorong seluruh OPD untuk segera mengambil langkah-langkah strategis dalam meningkatkan akselerasi pelaksanaan program kegiatan. “Saya meminta setiap Perangkat Daerah (PD) untuk melakukan evaluasi internal secara lebih mendalam. Jika perlu, evaluasi dapat dilakukan setiap bulan,” tegas Zubair.

Berdasarkan hasil penilaian Radalok hingga bulan Mei 2024, rata-rata capaian realisasi anggaran masih di bawah target, yakni sebesar 12,63 persen dari target 15 persen yang ditetapkan. “Kenali kendala-kendalanya dan perbaiki segera. Saya berharap pada Radalok ke-3, kita sudah berada dalam tahap kemajuan,” jelasnya setelah penyelenggaraan Radalok 1 di Samarinda beberapa waktu lalu.

Kabag Administrasi Pembangunan, Insan Bowo, menyampaikan bahwa secara umum, hasil evaluasi capaian realisasi anggaran setiap PD hingga 19 April belum mencapai target yang ditetapkan sebesar 15 persen. Namun, ia menekankan peningkatan yang signifikan dalam pencapaian tersebut. “Jika dibandingkan dengan tahun lalu, di triwulan pertama kita hanya mencapai angka 1,5 persen,” katanya.

“Kami optimis bahwa target realisasi anggaran pada Radalok berikutnya, di bulan Juli sebesar 40 persen, dapat tercapai,” tambahnya.

Langkah evaluasi ini menjadi bagian penting dari upaya pemerintah daerah untuk memastikan efektivitas dan efisiensi program-program pembangunan. Dengan melakukan evaluasi secara rutin, pemerintah dapat mengidentifikasi permasalahan yang mungkin muncul dan mengambil langkah-langkah perbaikan yang tepat.

Selain itu, melalui Radalok, pemerintah daerah juga memberikan kesempatan kepada setiap OPD untuk memberikan masukan dan mengevaluasi kinerja masing-masing. Hal ini menciptakan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program-program pembangunan.

Di tengah dinamika pembangunan yang terus berkembang, langkah evaluasi seperti ini menjadi penting untuk memastikan bahwa setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan dampak yang maksimal bagi masyarakat. Dengan demikian, pemerintah daerah dapat memastikan bahwa sumber daya yang dimiliki digunakan secara efektif untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Melalui upaya evaluasi ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan penggunaan anggaran demi terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan dan merata bagi seluruh masyarakat Kutim. (ADV/wal)