BeritaBerita Pilihan

Capaian Penyerapan Anggaran Dishub Kutai Timur Melampaui Target pada Triwulan Pertama 2024

299
×

Capaian Penyerapan Anggaran Dishub Kutai Timur Melampaui Target pada Triwulan Pertama 2024

Sebarkan artikel ini

WARTAKUTIM.CO.ID,SANGATTA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mencatat pencapaian yang membanggakan dalam penyerapan realisasi anggaran hingga pertengahan April 2024. Dalam rapat pengendalian operasional kegiatan (Radalok) kedua pada triwulan pertama, capaian tersebut telah mencapai 26,5 persen, melebihi target yang ditetapkan oleh pemerintah daerah sebesar 15 persen.

Kepala Dishub Kutim, Joko Suripto, menyampaikan kegembiraannya, menyatakan bahwa dalam Radalok tersebut, Dishub Kutim berhasil menempati peringkat kedua tertinggi dalam penyerapan anggaran, setelah Kesbangpol.

“Dari keseluruhan realisasi anggaran tahun 2024, didominasi oleh pekerjaan fisik melalui program Multiyears Contract (MYC), terutama pembangunan Pelabuhan Pengumpul Kenyamukan, yang saat ini tengah dikerjakan dengan intensitas tinggi,” ungkap Joko.

Lebih lanjut, Joko menjelaskan bahwa kontribusi dari program MYC sangat signifikan dalam meningkatkan penyerapan anggaran. Pembangunan pelabuhan tersebut telah mencapai pencapaian fisik sebesar 40 persen, yang merupakan pencapaian yang membanggakan.

Menyikapi target yang ditetapkan pada Radalok ke-3 yang akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang, Joko optimis bahwa Dishub Kutim mampu melampaui target sebesar 40 persen. Hal ini didukung oleh progres yang terus berlangsung dalam realisasi keuangan dan fisik, terutama untuk mendukung pembangunan Kenyamukan yang tengah berlangsung.

“Dengan melihat realisasi keuangan dan fisik, terutama pada tagihan kegiatan MYC, kita bahkan sudah mencapai hutang progres. Oleh karena itu, kita optimis dapat melampaui target yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Dengan capaian yang memuaskan ini, Dishub Kutai Timur menunjukkan komitmennya dalam mengelola anggaran dengan efisien dan efektif, serta memastikan bahwa proyek-proyek pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu. (ADV)