Peristiwa

Security Wajib Peka Lingkungan

62
×

Security Wajib Peka Lingkungan

Sebarkan artikel ini

 

Danlanal Sangata Letkol Laut (P) Sigit Santoso menyematkan tanda peserta Bintalsik.
Danlanal Sangata Letkol Laut (P) Sigit Santoso menyematkan tanda peserta Bintalsik.

WARTAKUTIM.COM | SANGATTA, Aparat keamanan dalam (Kamdal) mempunyai peran penting dalam menjaga dan melindungi semua personil dan asset perusahaan atau kantor dari segala bentuk ancaman yang dapat merugikan.

Kemampuan aparat Kamdal, harus ditingkatkan dan mampu menjadi pelindung bagi pejajabat dilingkungan. Kepekaan akan gangguan terhadap perusahaan dan pejabatnya, harus dimiliki seorang petugas keamanan.

“Kepekaan dan kepedulian dengan tugas serta punya daya tangkal yang kuat merupakan syarat utama seorang petugas keamanan, bukan sebaliknya,” kata Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Sigit Santoso ketika membuka Pembukaan Bintalsik bagi aparat keamanan dan securty, Senin (30/9) kemarin di halaman Mako Lanal Sangatta.

Pelatihan yang diikuti petugas Kamdal Sekretariat DPRD Kutim, kemudian  PT Mitra Bahtera Segara Sejati (MBSS) Sangatta. Danlanal Sangatta Sigit Santoso menegaskan, menjaga keamanan dan ketenangan suatu lingkungan kerja merupakan tugas utama seorang aparat keamanan.

“Sekecil apapun gangguan keamanan jangan sampai dibiarkan menjadi besar, terlebih-lebih terhadap ancaman yang kemungkinan besar bisa menganggu proses kerja perusahaan atau kantor,” pesan Sigit dalam acara yang dihadiri sejumlah pejabat dan perwira itu.

Disebutkan, selama Bintalsik akan berlangsung peserta diberikan sejumlah materi diantaranya  Kedisiplinan, Pelajaran Hukum Pidana, Peraturan Baris Berbaris, Teori Pengamanan, Pengenalan Senjata, Jurit Malam, Wawasan Nusantara, Pengenalan TNI AL, P3K, Out Bond, Materi Penyakit Menular Seks, dan Bela Diri Militer. 

“Bintalsik bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, rasa tanggung jawab dan membentuk sikap yang tanggap, tanggon dan trengginas serta memberikan kesegaran fisik bagi para peserta latihan sehingga diharapkan dapat mewujudkan suatu sikap mental dan jasmani yang lebih siap dalam menjalankan tugas,” harap Danal Sigit Santoso yang dibenarkan Sekwan Arif Yulianto.(din)