Peristiwa

Wakil Bupati Kutim, Pimpin Upacara Peringatan HUT Kutim Ke 15

59
×

Wakil Bupati Kutim, Pimpin Upacara Peringatan HUT Kutim Ke 15

Sebarkan artikel ini
UPACARA
Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman memimpin upacara peringatan HUT Kutim Ke-15, nampak Wakil Ketua Majelis Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) Mahyudin turut hadir.

Sangatta, WARTAKUTIM.com — Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kutai Timur Ke-15 berlangsung pada Minggu (12/10), di Halaman Kantor Bupati di Komplek Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta. Acara berlangsung tepat pukul 09.00 Wita tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, adapun Camat Sangatta Utara Didi Herdiansyah bertindak sebagai Komandan Upacara dalam upacara peringatan HUT Kutim pada tahun 2014 ini.

Dalam kesempatan tersebut hadir seluruh pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) serta seluruh pejabat dilingkungan Pemkab Kutim, adapun peserta upacara terdiri dari anak-anak sekolah, PNS serta TK2D terlibat dalam upacara, dengan jumlah total peserta sebesar 1700 orang. Bahkan turut hadir pula Wakil Ketua MPR Mahyudin, Anggota DPR RI Noor Baiti Isran Noor, dan Agati Suli mengikuti acara hingga selesai. HUT Kutim ke-15 sendiri dijadikan momentum dalam menunjukkan eksistensi daerah ini sebagai sebuah daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai Induk pada tahun 1999 ditengah lajunya arus otonomi daerah pada pasca era reformasi. Hal ini tidak terlepas dari suasana kondusif yang menyebabkan pembangunan terus berjalan dengan baik dalam segala bidang, mulai dari wilayah sekitar Ibukota Kabupaten hingga ke pedalaman dan pesisir Kutai Timur.

Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman menekankan bagaimana pengalaman dalam beberapa periode kepemimpinan menjadikan seluruh elemen masyarakat di Kutim, mampu menunjukkan dinamika kehidupan bermasyarakat, penuh semangat dan tekad yang kuat dalam mengangkat harkat dan derajat kabupaten ini dalam menuju gerak laju pembangunan yang luar biasa. Sehingga keberhasilan pada periode waktu 15 tahun telah mampu menempa penyelenggara pemerintahan dalam melaksanakan tugas-tugas terutama dalam menciptakan pemerintahan yang mengabdi dan melayani masyarakat luas.

“Tema peringatan HUT Kutim adalah Dengan HUt ke-15 Kabupaten Kutai Timur, kita sukseskan Gerbang Taman Makmur menuju Kabupaten Yang Mandiri. Pengaplikasiannya adalah melalui rasa wujud syukur yang mendalam serta kesungguhan untuk terus membangun daerah tercinta ini menjadi lebih baik dan terus lebih baik. Kita juga berbagi dengan masyarakat luas untuk memeriahkan peringatan HUT Kutim, seperti melaksanakan lomba gerak jalan gembira, pawai budaya, lomba olah raga tradisional, pameran pekan raya Kutim Expo, bahkan yang tidak kalah meriah adalah menggelar bakar ikan bersama masyarakat di Taman Bersemi Sangatta Utara, yang melibatkan seluruh RT se-Kecamatan Sangatta Utara,’ jelas Wabup.

Perencanaan pembangunan menjadi titik poin penting yang dijelaskan oleh Wabup pada peringatan HUT Kutim, dimana pemerintah telah melaksanakan dan terus melaksanak dengan efektif proses pembangunan sesuai dengan perencanaan daerah. Yakni melalui Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) untuk masa tahun 20 tahun ke depan. Selain itu diiringi pula oleh Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk masa 5 tahunan.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, pemerintah daerah terus berupaya sekuat tenaga untuk membangun tata pemerintahan yang baik, agar terjadi akselerasi pembangunan di semua sektor. Terlebih dalam era globalisasi yang dalam tahun ke tahun menuntut seluruh elemen untuk dapat mampu bersaing dengan baik dan bekerja keras, baik dalam tingkat regional, nasional, maupun internasional. Hal ini adalah untuk mempertahankan eksistensi dan meningkatkan kapasitas pemerintahan daerah, sehingga dapat menjadi suatu daerah yang maju dan mandiri. Terutama dengan adanya Kawsan Perdagangan Bebas ASEAN (ASEAN Free Trade Area/AFTA) dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada tahun 2015,” jelas Ardiansyah Sulaiman.

Menutup pidatonya, Ardiansyah Sulaiman memberikan informasi mengenai penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kabupaten kepada sejumlah perusahaan, yang telah berkontribusi terhadap Program Pembangunan Rumah Layak Huni. Dengan target keseluruhan yang akan diselesaikan pada 2015 mendatang sebanyak 5000 unit. “Alhamdulillah saat ini tercatat telah terealisasi, baik pendanaannya berasal dari APBD maupun yang bersumber dari Coorporate Social Responsibilty). Keberhasilan tersebut pada dasarnya merupakan prestasi bersama berkat kerja keras dan kepedulian semua pihak, terutama perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kutim,” tegas Ardiansyah. (kmf3)