oleh

Pembangunan di IKN yang Baru Dimulai 2021

WARTAKUTIM.CO.ID, SAMARINDA – Rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartenagara, semuanya  masih dalam koordinasi dan kebijakan pusat, khususnya desain dan payung hukumnya yang ditarget 2020 sudah rampung.

“Sedangkan kegiatan  pembangunan konstruksi dan infrastruktur dasar dimulai tahun 2021. Tapi yang jelas  pemerintah pusat sudah punya gambaran bagaimana pembangunan dan pengembangan pusat pemerintahan yang masuk di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara,” ucap Gubernur Kaltim, Dr. H Isran Noor  dengan mata berbinar-binar bangga bercampur haru saat ditanya awak media di ruang kedatangan Bandara APT Pranoto, Selasa (27/8/2019).

Puluhan wartawan dari berbagai media di Kaltim sambangi Gubernur Isran Noor di Bandara APT Pranoto Samarinda. Ketertarikan awak media Benua Etam terhadap Gubernur Isran Noor pasca penetapan Kaltim sebagai ibu kota negara yang diumumkan langsung Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta kemarin, Senin (26/8/2019).

Walaupun berita sudah begitu gencar di televisi dan koran nasional dan daerah. Rupanya para pemburu berita ini masih ingin mendapat informasi terkini dari orang nomor satu Kaltim ini. Usai beberapa hari berada di ibu kota negara lama, DKI Jakarta.

“Kita bersyukur Kaltim telah ditetapkan sebagai ibu kota negara. Saya segera berkoordinasi dengan daerah-daerah terkait,” ucap Isran.

Namun demikian, Isran tidak berani berasumsi bagaimana bentuk/status pemerintahan di Kaltim. Apakah dalam bentuk daerah otonomi khusus (DKI) atau masih tetap seperti saat ini.

Pertanyaan lain cukup menarik. Bagaimana bentuk kawasannya, dimana titik koordinatnya atau kecamatan mana tepatnya dan dimana akan dibangun istana negara.

Dengan senyum ringan Isran mengungkapkan itu semua kebijakan puaat. “Tidak perlulah daerah otonomi khusus. Tidak perlu terburu-buru dan jangan khawatir, Belanda sudah lari,” ujarnya disambut tawa semua awak media.(humasprovkaltim)

Baca Juga  Wajah Kota Sangatta Mulai Penuh Spanduk dan Baliho Kampanye

News Feed