oleh

Furkani : KKL STAIS Bantu Pengembangan Kegiatan Kerohanian, Keberagaman Tetap Terjaga

Kongbeng – Pengembangan kegiatan keagamaan diakui oleh Camat Konbeng Furkani, membutuhkan banyak dukungan dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk pula dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta selama 1,5 bulan di kecamatan yang memang perkembangan kegiatan syiar agama Islamnya amat luar biasa.

“Ada beberapa kegiatan-kegiatan syiar agama Islam yang berjalan dengan baik di kecamatan Kongbeng, yang dikelola oleh pihak-pihak Majelis Ta’lim dari beberapa desa. Termasuk dengan adanya KKL mahasiswa-mahasiswi STAI Sangatta selama 45 hari, dengan harapan turut-serta membangun bidang kerohanian di masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya Camat Kongbeng telah membuat permohonan pada pihak STAI Sangatta untuk dapat dilakukannya KKL di kecamatan tersebut, sehingga mahasiswa-mahasiswi dari salah-satu Sekolah Tinggi di Kutim, dapat menerapkan ilmu pengetahuan mereka dilapangan.

“Awalnya pihak STAI Sangatta sempat ragu, mengingat memang aplikasi pengembangan kegiatan kerohanian di Kongbeng terbilang pesat dan maju dan bahkan saat menyelenggarakan kegiatan keagamaan bisa mencapai ribuan orang yang hadir. Namun saya tetap meyakinkan agar ada mahasiswa-mahasiswinya yang dapat diterjunkan untuk KLL disana, dan Alhamdulillah di setujui dimana pada Senin kemarin (9/3/2020) mereka telah dilepas oleh Bupati Kutim ke Kongbeng dan Muara Wahau,” ungkap Camat.

Walaupun demikian, pengembangan kegiatan-kegiatan agama lain di Kongbeng juga berjalan seimbang alias benar-benar merata dan tidak pilih kasih. Dijelaskan oleh Furkani bagaimana ketika berlangsung acara Natal Gabungan dan Tahun Baru Masehi, juga berlangsung semarak dan begitu luar biasa dirayakan oleh umat Nasrani di Kongbeng.

“Kegiatan-kegiatan kegamaan tidak hanya untuk umat Islam yang didukung, namun juga umat-umat agama lain di sana. Ketika perayaan Natal Gabungan, bahkan anggota-anggota Banser (Barisan Ansor Serbaguna NU, red) bersama dengan pihak Kepolisian turut mengamankan pelaksanaan natal bersama. Inilah bukti bagaimana keragaman tetap terjaga di Kongbeng,” jelasnya saat di wawacarai. (Adv)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

DOWNLOAD APLIKASI ANDROID WARTA KUTIM 

News Feed