oleh

Ketua DPRD Kutim Lihat Pengelolaan Sampah Teknologi THD di Soreang

KABUPATEN BANDUNG – Ketua DPRD Kutai Timur Hj. Encek UR Firgasih meninjau dari dekat pengelolan sampah dengan teknologi Thermal Hydro Drive di Soreang, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Kamis (12/3/2020) lalu. Dalam kunjungan tersebut, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) didampingi Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan dan anggota DPRD Uce Prasetyo.

Kunjungan tersebut merupakan perihal penting dalam rangka kerjasama antara Pemkab Kutim dan PT Kaltim Prima Coal terkait penanganan sampah di Kutai Timur, khususnya di wilayah Ibu Kota Sangatta. Dengan melihat dari dekat bagaimana proses teknologi penanganan sampah dengan Thermal Hydro Drive (THD) di Soreang, Kabupaten Bandung tersebut. Maka ada upaya aplikasi teknologi untuk mengatasi persampahan yang kedepannya bisa diaplikasikan di Kutim.

Ketua DPRD Kutim Hj. Encek UR Firgasih sendiri mengaku terkesan dengan pengelolaan sampah lewat teknologi THD, karena teknologi terapan tersebut asli buatan Indonesia. Karena selain hemat dan efisien, dengan teknologi THD maka sampah tidak perlu sampai menumpuk-numpuk secara berlebihan di Tempat Pembuangan Akhir.

“Tentu ini merupakan pola penanganan sampah dengan teknologi ramah lingkungan, THD merupakan teknologi terapan yang dibuat oleh peneliti dan buatan Indonesia. Tentu kedepan Kutim harus memiliki hal serupa, apalagi pihak PT KPC juga mendorong adanya kerjasama dengan Pemkab Kutim terkait penanganan sampah dengan teknologi THD,” jelasnya.

Perlu diketahui kegiatan ini dihadiri pula, oleh Bupati Ismunandar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setkab Suroto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aji Wijaya. Adapun dari pihak PT. Kaltim Prima Coal hadir General Manager ESD Wawan Setiawan yang didampingi Sahruldin, Luise G Pesireron, Felly Lung dan Nanang Supriadi. (Adv)

News Feed