oleh

Uce Prasetyo : Untuk Cegah Corona, Masyarakat Harus Ikuti Komando Pemerintah

SANGATTA – Dari pantauan data Covid-19 terkini Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, untuk Sabtu (28/3/2020) siang, tepatnya pukul 12.00 Wita tadi. Terdapat 17 orang yang dinyatakan positif virus corona sebanyak 19 orang, dimana ada 81 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 2339 Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Untuk Kutai Timur sendiri pada Jum’at (27/3/2020) terdapat ODP sebanyak 146 orang, yang mana sebelumnya berjumlah 219 orang, namun terdapat 73 orang yang sudah selesai masa pemantauannya pada hari ini. Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terdapat 8 orang dimana yang positif masih tetap sama jumlahnya yakni 2 orang, adapun 6 orang lainnya masih dalam proses. Di RSUD Kudungga ada 6 orang PDP yang masih dalam proses statusnya dan terus dipantau.

Uce Prasetyo anggota DPRD Kutim dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang selama ini memang dikenal memiliki pengalaman dalam dunia kesehatan, mengatakan berangkat dari dinyatakan adanya 2 orang warga Kutim yang positif corona. Sudah barang tentu masyarakat harus berhati-hati dan waspada, untuk tetap mengikuti arahan Pemkab Kutim melalui Gugus Satgas Covid-19 yang terdiri dari beberapa elemen penting pemerintah.

“Berdasarkan penelusuran Dinas Kesehatan Kutim untuk 1 orang pasien positif corona asal Sangatta Utara, yang diluar 1 pasien positif corona dari Long Mesangat. Selama 12 hari di Sangatta telah berinteraksi dengan 50 orang. Dari puluhan yang terpapar tepapar itu, juga telah berinteraksi dengan ratusan orang lainnya, dan begitu pula selanjutnya,” ungkapnya saat dihubungi pada Sabtu (28/3/2020) malam.

Untuk itu dirinya meminta agar masyarakat Kutim, mematuhi anjuran maupun tindakan yang disarankan oleh Pemkab Kutai Timur bersama dengan pihak-pihak terkait agar upaya meminimalisir penyebaran corona dapat berjalan lancar sebagaimana keinginan semua pihak.

“Faktor utamanya adalah kesadaran dari warga masyarakat, agar segera menyadari bahwa kita sekarang ini sedang berperang dengan musuh yang tidak terlihat. Dalam keadaan perang tentu harus ikuti Komando, yakni Pemerintah,” tegasnya.

Lebih jauh Ketua Bapemperda DPRD Kutim ini megingatkan warga, agar dapat melakukan social distancing yakni menghindari keramaian, lebih baik berdiam diri dirumah kecuali melakukan urusan yang sangat penting. Lalu menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, minimal 1 meter, sering cuci tangan, makan dan tidur yang cukup, serta selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemik ini dapat segera berlalu. (Adv)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

DOWNLOAD APLIKASI ANDROID WARTA KUTIM 

News Feed