oleh

Tetap Dirumah! Ujian Nasional Untuk Siswa-Siswi SD dan SMP Dibatalkan

-Berita Pilihan, Kaltim, Ragam-Dibaca : 359 Kali

SANGATTA – Merujuk pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Selain itu, Disdik Kutim juga merujuk pada Surat Keputusan Gubernur Kaltim tentang penetapan status KLB COVID-19 wilayah Kaltim, serta Surat Edaran Bupati Kutim tentang Penanggulangan Penyebaran COVID-19 di wilayah Kutim.

Hal ini membuat Kepala Dinas Pendidikan Kutim Roma Malau mengeluarkan Surat Edaran Nomor 800/1075/Disdik-Skt.Kadis/III/2020 tanggal 27 Maret 2020 Tentang Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah (US) jenjang SD/sederajat dan SMP/sederajat Tahun Pembelajaran 2019/2020. Isinya terkait pembatalan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SD dan SMP sederajat.

“Hal ini merjuk pada kondisi pandemik virus corona yang terjadi, untuk itulah UN Tahun Ajaran 2019/2020 dibatalkan. Sehingga keikutsertaan siswa-siswi di UN, tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi untuk menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Adapun terkait program penyertaan seperti Program Paket A dan Paket B, akan ditentukan kemudian,” jelasnya.

Pola penilaian yang dilakukan untuk tingkat siswa-siswi SD, diambil dari nilai pada Kelas IV di semester 7 dan 8, nilai Kelas V di semester 9 dan 10, lalu kelas VI di semester 11 dan 12, untuk kemudian ditambahkan sebagai nilai kelulusan bagi siswa-siswi Sekolah Dasar.

“Adapun untuk nilai kelulusan bagi siswa-siswi SMP, berdasarkan nilai lima semester. Yakni dikelas VII pada semester 1 dan2, nilai kelas VIII pada semester 3 dan 4, serta kelas IX semester 5 dan 6, yang digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. Pengumuman kelulusan siswa-siswi SD dan SMP sederajat akan disampaikan pada tanggal 5 Juni 2020,” tegas Kepala Dinas Pendidikan Kutim ini. (Adv)

  • " data-pin-do="buttonPin" data-pin-config="beside">

News Feed