oleh

KPC Sumbang Ventilator dan APD Untuk Penanganan Covid 19 di Kutim

-Berita Pilihan-Dibaca : 609 Kali

WARTAKUTIM.CO.ID, SANGATTA – Dukungan percepatan penangan COVID-19 di Kutai Timur, kembali diwujudkan PT Kaltim Prima Coal (KPC). Kali ini perusahaan tambang batubara itu memberikan sumbangan alat ventilator dan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis.

Sumbangan tersebut diserahkan oleh General Manager External Affairs and Sustainable Development (GM ESD) Wawan Setiawan dan diterima langsung oleh Bupati Kutai Timur Ir H Ismunandar MT, di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, di Kantor BPBD Kutim, Jalan Soekarno-Hatta, Kamis (30/4/2020).

Ventilator adalah salah satu alat kesehatan yang memiliki fungsi sangat penting bagi pasien COVID-19, terutama pasien yang kritis. Secara sederhana,¬† mesin itu berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan pasien. “Melalui alat ini, pasien yang sulit bernapas akan dibantu untuk mendapatkan udara dan bernapas seperti orang normmal,” kata Wawan usai acara serah terima.

Virus SARS-CoV-2, yang menyebabkan COVID-19, diketahui menyerang saluran udara dan mengganggu fungsi normal sel-sel pada paru-paru. Saat pasien sakit kritis dan kesulitan untuk bernapas, maka ventilator mempunyai peran penting untuk membantu pasien bernapas.

Ventilator ini merupakah salah satu alat kesehatan yang langka saat ini. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Tohir bahkan menugaskan secara khusus Wamen BUMN untuk mencari ventilator sampai ke ujung dunia. Bahkan Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu meminta bantuan Amerika Serikat untuk membantu Indonesia berupa mesin ventilator.

Menurut Wawan, satu unit ventilator yang dimiliki KPC ini diimpor dari Amerika Serikat. “Ventilator ini buatan Ameika, Merk Allied Health Care. Ini versi yang portable, bisa dipindahkan,” kata Wawan.

Bupati Kutai Timur Ismunandar menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan KPC terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 di Kutai Timur. Bupati berharap, sinergi multipihak dalam penangan wabah corona ini bisa menghentikan laju penularan virus di masyarakat.

“Terima kasih kepada KPC yang terus membantu Gugus Tugas Penangan COVID-19. Semoga kebersamaan ini bisa menghentikan laju penyebaran virus di masyarakat,” kata Bupati Ismunandar.

Selain ventilator, kali ini KPC juga memberikan sumbangan APD untuk tim medis. APD yang disumbangkan merupakan tahap kedua atas APD yang diserahkan beberapa waktu lalu. Saat ini yang masih ditunggu adalah kedatangan 8000 alat Rapid Test, yang telah dipesan KPC untuk Posko Gugus Tugas COVID-19.

Manager External Relation Yordhen Ampung memastikan, alat Rapid Test tersebut tidak lama lagi akan tiba di Sangatta dan akan segera diberikan kepada Ketua Gugus Tugas Bupati Kutim Ismunandar. “Mudah-mudahan bisa tiba minggu depan. Itu yang kita harapkan bersama,” ujar Yordhen singkat.

Selain itu, pada acara yang sama kemarin, dua kontaktor KPC, yakni PAMA dan Hexindo juga memberikan bantuan kepada Gugus Tugas COVID-19. Atas dukungan tersebut, Bupati Ismunandar juga menyampaikan apresiasi atas dukungan tersebut. “Semoga sinergi semua pihak ini memberikan manfaat kepada tim sehingga laju virus corona bisa dihentikan,” kata Ismunandar.(*)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

DOWNLOAD APLIKASI ANDROID WARTA KUTIM