Bangga Terlibat Program Duta Kemanusiaan

Wartakutim.co.id, Sangatta – Dengan penuh semangat 30 orang mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta terlibat dalam program internasional berkaitan dengan perihal kemanusiaan.

Perlu diketahui, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kutai Timur ditunjuk oleh PMI Provinsi Kalimantan Timur, untuk melaksanakan program kerjasama PMI Pusat dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA).

Program ini berkaitan dengan penguatan respon masyarakat tehadap pandemi COVID-19, dengan pengkhususan edukasi kepada siswa setingkat sekolah dasar, mahasiswa-mahasiswi hingga masyarakat.

Diungkapkan oleh Hafsah (22), mahasiswi semester VI di STAI Sangatta. Dirinya terlibat dengan program ini, untuk menambah ilmu dan pengalaman dilapangan terkait perihal kemanusiaan.

Terlebih dalam pelaksanaannya, ia tidak hanya mendapatkan materi-materi pertolongan dasar, namun juga didampingi pihak PMI Kutim untuk terlibat praktik langsung dilapangan.

“Tentu senang bisa terlibat membantu masyarakat melalui program ini, yang pasti nambah pengalaman dan ilmu tentunya,” ujar mahasiswi jurusan Ekonomi Syariah.

Darma (24) mahasiswi jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) mengatakan, sebelum dirinya terlibat Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan materi wajib untuk ditempuh. Maka menjadi duta kemanusiaan adalah tes pertama baginya, berhadapan dengan masyarakat secara langsung.

“Semula dapat informasi dari teman di kampus. Lantas memberanikan diri ikut dan terlibat. Senang bisa diterima dalam program KOICA dan PMI, selain itu memang bersosilisasi adalah hobi saya,” ujar aktivis salah-satu organisasi ektra kampus ini. (Imr/Wal)